Jangan Berikan 5 Jenis Makanan Ini pada Bayi!

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 10 Desember 2020 07:37
Jangan Berikan 5 Jenis Makanan Ini pada Bayi!
Jenis makanan ini justru bisa membahayakan bayi!

Banyak hal yang perlu kita pelajari saat menjalani peran kita sebagai orang tua. Setiap orang tua selalu menghadapi momen merawat bayi untuk pertama kalinya, yang mungkin terasa membahagiakan sekaligus membingungkan.

Sebagai orang tua, tentu kita ingin memberikan yang terbaik bagi anak dan membuat mereka bahagia. Selain itu, kita juga tentu nggak ingin mengantarkan anak pada keadaan yang berbahaya.

Di usianya yang masih sangat dini, bayi cenderung lebih sensitif. Hal ini karena sistem imun mereka yang belum sekuat orang dewasa.

Kenyataan ini kemudian membuat nggak semua makanan bisa dikonsumsi oleh bayi. Beberapa makanan bahkan bisa sangat buruk dan membahayakan saat dikonsumsi buah hati kita.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa jenis makanan yang buruk diberikan pada bayi.

1 dari 5 halaman

Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Madu memang dikenal sebagai sumber gula alami yang baik dan punya banyak manfaat. Tapi di saat bersamaan, madu bisa menyebabkan botulisme pada anak yang berusia di bawah satu tahun.

Botulisme adalah keracunan makanan pada bayi. Makanya sebaiknya jangan memberikan madu pada anak usia di bawah satu tahun.

2 dari 5 halaman

Permen

ilustrasi permen © Diadona

Permen dan cokelat adalah dua makanan yang sangat disukai anak-anak. Namun camilan manis ini mengandung kadar gula yang terlalu tinggi dan nggak baik untuk bayi.

Selain itu, permen juga bisa menyebabkan gigi baru bayi membusuk. Jadi sebaiknya jangan memberikan permen atau cokelat sebagai hadiah untuk mereka.

3 dari 5 halaman

Sereal

Ilustrasi Sereal © Diadona

Beberapa di antara kita mungkin sudah mengenalkan serel pada balita. Tapi perlu diingat bahwa kebanyakan sereal sarapan mengandung gula dan sangat nggak sehat.

Selain itu, sereal juga cenderung mengandung garam yang tinggi. Jika kita tetap ingin memberikannya pada anak, pastikan sereal tersebut merupakan jenis yang biasa.

4 dari 5 halaman

Makanan siap saji

Ilustrasi Kentang Goreng © Diadona

Makanan siap saji terkadang menjadi salah satu solusi orang tua di tengah kesibukan mereka. Namun perlu diingat bahwa makanan siap saji sering mengandung garam yang tinggi dan pengawet buatan.

Makanan ini mungkin terlihat baik-baik saja bagi orang dewasa, namun bisa sangat berbahaya bagi bayi. Makanya sebaiknya kita memasak sendiri untuk menjaga keamanan kesehatan bayi kita.

5 dari 5 halaman

Teh dan kopi

 

ilustrasi teh panas © Diadona

Teh dan kopi menjadi dua minuman yang sering ditawarkan pada bayi. Padahal minuman ini membuat ketagihan dan mengandung kafein.

Tanin yang ada di dalamnya dapat menyebabkan malabsorpsi zat besi. Hal ini sama sekali nggak memberikan nutrisi apa pun pada tubuh bayi.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar