Cara yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Anak yang Takut Gelap

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 5 Desember 2020 14:17
Cara yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Anak yang Takut Gelap
Mengatasi Anak yang Takut Gelap

Kegelapan terkadang memang sedikit menakutkan karena tak bisa melihat apa-apa di dalam gelap. Anak-anak tentunya juga akan makin takut dalam kondisi yang seperti ini apalagi jika mereka membayangkan adanya hantu atau monster yang mungkin bersembunyi di kolong tempat tidur mereka.

Tentu ini hanyalah ketakutan semata, tetapi anak bisa menganggapnya begitu nyata bahkan mereka mungkin sampai tak berani tidur sendiri dan minta ditemani oleh orang tuanya. Lantas, apa yang perlu Mom lakukan untuk mengatasi ketakutan anak pada kegelapan seperti ini?

1 dari 3 halaman

Sebelumnya, perlu ibu ketahui dulu beberapa hal yang bisa menyebabkan anak takut akan gelap misalnya yaitu cerita horor atau seram di tempat yang gelap yang ia ketahui dari televisi, buku, dongeng atau internet. Cerita-cerita seperti itu bisa memicu imajinasi seram berkembang di pikiran anak.

Ketika ibu menceritakan dongeng akan sesuatu yang bisa muncul di tempat yang gelap misalnya hantu, monster, penjahat, atau yang lainnya, si kecil pun akan membayangkan bahwa kegelapan itu adalah sebuah hal yang menakutkan dan dia pun jadi takut gelap.

2 dari 3 halaman

Setelah mengetahui akan penyebabnya ini, sebaiknya ibu pun menghindari cerita yang seperti itu atau tontonan yang demikian untuk anak. Kemudian, ibu perlu tetap tenang saat berbicara dengan anak. Jangan menyepelekan ketakutan anak dan tidak perlu membesar-besarkannya.

Ibu pun perlu membuktikan bahwa apa yang ditakuti anak ini tidaklah benar. Tunjukkan di tempat-tempat yang ditakuti anak ini tak ada apa-apa. Jelaskan pula dengan bahasa yang mudah dimengerti bahwa imajinasi anak akan hal yang seram ini bukanlah kenyataan.

3 dari 3 halaman

Bila anak minta ibu untuk menemaninya tidur, jangan langsung mengiyakan hal tersebut. Sebaliknya, katakan pada anak bahwa ibu ada di tempat yang dekat dengannya sehingga bila anak takut, dia pun bisa segera lari pada ibu. Jangan lupa untuk mengecek anak beberapa kali untuk melihatnya apakah sudah bisa tidur atau belum.

Untuk anak yang takut akan gelap karena punya trauma karena sebuah kenangan yang buruk, cara terbaik untuk membantu kondisi buah hati yang seperti ini adalah dengan berkonsultasi kepada dokter langsung karena cara tersebut memang yang paling tepat dan efektif untuk anak. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar