Umur Berapa Kita Sudah Boleh Mulai Mengajari Anak Menulis?

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 5 Desember 2020 07:37
Umur Berapa Kita Sudah Boleh Mulai Mengajari Anak Menulis?
Yuk, ketahui kapan anak sudah mulai bisa belajar menulis.

Membesarkan dan mendidik anak adalah tugas kita sebagai orang tua. Kita tentu ingin anak tumbuh dengan mendapatkan yang terbaik dan siap menghadapi kehidupannya sendiri di masa depan.

Makanya sejak dini kita diharuskan untuk mengajari anak kemampuan yang wajib mereka miliki saat sudah lebih besar. Salah satunya adalah kemampuan menulis.

Banyak orang tua yang mendorong anak untuk bisa menulis sejak masih kecil. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, sebenarnya umur berapa sih kita sudah boleh mengajarkan anak untuk punya kemampuan ini?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Belajar Membaca © Diadona

Dilansir dari Verywellfamily, kita mungkin berpikir bahwa anak-anak nggak benar-benar belajar menulis sampai mereka mendekati usia taman kanak-kanak. Tapi ternyata sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Child Development menunjukkan bahwa anak-anak sebenarnya mulai belajar keterampilan menulis sejak usia tiga tahun.

Sebelumnya, ahli perkembangan anak berasumsi bahwa anak-anak belajar menulis hanya setelah mereka mempelajari bunyi yang diwakili oleh setiap huruf. Misalnya, begitu seorang anak mengetahui seperti apa bunyi " A" , mereka akan menghubungkan bunyi itu ke sebuah huruf. Dari sana anak mulai menulis huruf yang mewakili bunyi.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Belajar Berhitung Pakai Jari © Diadona

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak sebenarnya mempelajari dasar-dasar menulis sebelum mereka mempelajari huruf apa yang mewakili suara tertentu. Rebecca Treiman, PhD, seorang profesor ilmu psikologi dan otak, mengungkapkan penelitiannya menunjukkan bahwa anak-anak benar-benar menunjukkan pengetahuan tentang rumus bahasa tertulis, seperti huruf mana yang biasanya dikelompokkan bersama, sebelum mereka mempelajari apa yang sebenarnya diwakili oleh huruf-huruf itu.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak mulai menulis " kata-kata" yang benar-benar mengikuti aturan bahasa tertulis sejak usia 3 tahun. Kata-kata ini mungkin nggak masuk akal, tapi mungkin mengikuti aturan dasar agar terlihat seperti sebuah kata, dengan huruf berulang yang mewakili vokal atau jenis kata.

3 dari 3 halaman

Keterampilan ini meningkat seiring dengan pertambahan usia anak. Makanya anak umur 5 tahun punya kemampuan yang jauh lebih baik untuk menulis kata-kata yang terlihat daripada anak-anak prasekolah.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar