Tips Self-Care Sederhana Buat Para Ibu Tanpa Perlu Ninggalin Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 3 Februari 2021 07:37
Tips Self-Care Sederhana Buat Para Ibu Tanpa Perlu Ninggalin Anak
Nggak perlu jauh-jauh liburan, self-care juga bisa dilakukan di rumah Moms!

Menjalani peran sebagai seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Pikiran kita kadang sudah bukan tentang diri sendiri lagi tapi fokus pada kebutuhan anak dan keluarga.

Nggak heran kalau banyak ibu yang bahkan sampai lupa merawat diri sendiri saat sudah punya anak. Rasanya waktu kita sudah habis untuk mengondisikan rumah dan membesarkan anak.

Padahal kenyataannya anak yang bahagia terwujud dari ibu yang bahagia juga lho! Ibu yang stres dan kelelahan cenderung sulit mengelola emosi.

Makanya meluangkan waktu untuk self-care itu penting lho, Moms! Nggak perlu jauh-jauh pergi liburan, kita bisa melakukannya dengan cara sederhana tanpa meninggalkan anak dan rumah.

Dilansir dari Nurture Life, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1 dari 3 halaman

Menggerakkan tubuh

ilustrasi ibu memasak © Diadona

Menggerakkan tubuh punya manfaat besar untuk memperbaiki suasana hati lho! Ada banyak cara kreatif untuk melakukannya.

Misalnya, kita bisa melakukan olahraga atau yoga di rumah. Selain menyehatkan tubuh, hal ini juga bisa membantu menenangkan pikiran.

Ide menggerakkan tubuh lainnya bisa kita lakukan dengan senam atau bahkan hanya berjoget dengan lagu favorit kita. Nggak perlu pergi ke pesta, kita bisa melakukannya dari area rumah sendiri.

2 dari 3 halaman

Minta bantuan

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Nggak ada salahnya lho meminta bantuan sesekali pada orang lain untuk meringankan pekerjaan kita. Kadang kita mungkin sulit mempercayai orang lain dalam menangani sesuatu.

Tapi pemikiran seperti itu lama-lama bisa bikin badan kita ambruk, Moms! Nggak perlu merasa bersalah saat minta tolong pada orang lain.

Kita juga layak mendapatkan waktu istirahat kok. Jadi, jangan ragu untuk minta tolong ya, Moms!

3 dari 3 halaman

Menghubungi teman lama

Ilustrasi Wanita Main Handphone © Diadona

Mengobrol dengan teman juga bisa menjadi salah satu kegiatan self-care yang mudah untuk dilakukan. Selain mudah, sedikit nostalgia dengan teman lama tentu akan mengembalikan mood kita menjadi lebih baik setelah lelah seharian.

Kita juga bisa berbagi cerita dengan teman untuk meringankan beban pikiran. Terkadang kita mungkin membutuhkan orang lain untuk berbagi agar bisa merasa lebih baik.

Keberadaan teman juga akan membuat kita merasa memiliki lebih banyak dukungan untuk menjalani hari. Hal itu akan membuat kita lebih bersemangat.

Semoga cara ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar