5 Makanan yang Bisa Tingkatkan Perkembangan Otak Balita

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 4 Februari 2021 07:37
5 Makanan yang Bisa Tingkatkan Perkembangan Otak Balita
Yuk, penuhi nutrisi anak!

Memenuhi kebutuhan nutrisi balita adalah hal yang penting untuk dilakukan. Di masa pertumbuhannya, balita membutuhkan banyak kandungan gizi untuk mendukung perkembangan mereka.

Sebagai orang tua, hal ini menjadi kewajiban yang harus kita penuhi. Kita harus memastikan agar anak mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi.

Dilansir dari Times of India, memberi makan makanan bergizi penting untuk perkembangan otak balita. Apalagi di usia dua tahun pertama setelah kelahiran.

Apa yang kita berikan pada balita di tahun-tahun awal bisa membantu pertumbuhan otak seperti meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi mereka. Sementara otak adalah organ pertama yang diketahui menyerap nutrisi dari makanan.

Makanya makanan punya peran yang sangat penting. Melansir dari Times of India berikut beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan perkembangan otak balita.

1 dari 5 halaman

Protein

Ilustrasi telur rebus © Diadona

Kandungan protein sangat baik untuk balita. Protein dibutuhkan untuk membangun struktur otak dan neurotransmiter.

Biasanya kandungan protein ini dapat kamu temukan di jenis makanan seperti kacang, susu, dan sapi. Selain itu, kamu juga bisa menemukan kandungan protein sehat pada keju dan telur.

2 dari 5 halaman

Zinc

Ilustrasi Kacang-Kacangan © Diadona

Kandungan zinc mungkin cukup asing bagi beberapa orang. Namun kandungan ini ternyata bisa membantu tubuh memproses ketiga makronutrien.

Selain itu, mekanan dengan kandungan zinc juga bisa memperbaiki sel-sel otak. Nutrisi ini biasanya ada dalam makanan seperti kacang dan biji-bijian.

3 dari 5 halaman

Lemak

Ilustrasi Alpukat © Diadona

Mungkin banyak yang nggak menyangka kalau lemak ternyata punya manfaat yang baik. Lebih dari separuh otak manusia terdiri dari lemak.

Makronutrien diperlukan untuk membangun koneksi antara neuron dan sistem saraf. Kandungan lemak yang sehat bisa didapatkan dalam avokad, kacang-kacangan, biji-bijian, dan salmon.

4 dari 5 halaman

Kolin

Ilustrasi Brokoli © Diadona

Kandungan kolin dikenal dapat membantu perkembangan otak bayi di dalam rahim. Tapi nggak hanya itu saja, kandungan kolin juga bermanfaat bagi bayi setelah lahir.

Kolin bisa mendukung meningkatkan memori dan daya belajar, terutama pada dua tahun pertama kehidupan anak. Kita bisa menemukan kolin dalam makanan seperti telur, kedelai, brokoli, quinoa, dan ikan.

5 dari 5 halaman

Zat besi

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Zat besi merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Seperti kolin, kandungan ini juga memberikan manfaat baik untuk balita.

Zat besi memberikan banyak manfaat baik untuk perkembangan bayi. Biasanya makanan seperti kedelai dan sayuran berdaun hijau mengandung zat besi yang sehat untuk anak.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

 

Beri Komentar