Hati-Hati Orang Tua yang Suka Gandeng Tangan si Kecil, Ini Bahayanya

Reporter : Riza Umami
Kamis, 5 Januari 2023 14:00
Hati-Hati Orang Tua yang Suka Gandeng Tangan si Kecil, Ini Bahayanya
Menggandeng tangan anak rupanya bisa menyebabkan masalah tulang loh.

Menggandeng anak terlihat seperti aktivitas yang sangat biasa dilakukan oleh orang tua. Namun ternyata, menggandeng anak ini berisiko menyebabkan kejadian tak terduga pada si kecil seperti yang dialami oleh seorang ibu sekaligus dokter anak berikut ini.

Dokter Mesty menceritakan pengalaman anaknya ini melalui akun TikTok miliknya yaitu @doktermesty. Saat anaknya berusia 2 tahun, ia sempat hendak pergi ke bawah sama pengasuhnya mau jalan-jalan ke playground.

1 dari 5 halaman

Sang anak digandeng di pergelangan tangannya oleh pengasuhnya. Keduanya naik lift dan ketika pintunya sudah terbuka, anak ini langsung nyelonong keluar dari lift. Namun, tangannya masih ketahan lantaran digandeng oleh pengasuhnya.

Tak disangka, anak dokter Mesty ini langsung menjerit kencang saat itu. Dia langsung tak mau menggerakkan tangannya seharian. Usai pulang ke rumah, dokter Mesty pun memeriksa anaknya.

2 dari 5 halaman

Dokter MestyDokter Mesty © tiktok.com/@doktermesty

Ia tak melihat adanya patah tulang di tangan anaknya. Sang dokter pun berpikir kalau mungkin otot anaknya hanya tertarik karena kejadian tersebut. Dokter Mesty pun mengobservasi dulu keadaan anaknya sampai besoknya.

Sayangnya, sampai besoknya tak ada tanda perbaikan dan anaknya masih merasa sangat kesakitan. Dokter Mesty langsung mengontak temannya yang dokter orthopedi (tulang). Temannya adalah dokter Rizki yang bekerja di RSUI.

3 dari 5 halaman

Dokter Rizki pun mengatakan bahwa anaknya terkena nursemaid's elbow. Nursemaid's elbow ini merupakan suatu kondisi yang sangat sering terjadi saat anak diasuh oleh pengasuh (nursemaid). Biasanya ketika anak sedang digandeng oleh pengasuhnya dan tengah menghindari bahaya misalnya ketika gandengan dan tiba-tiba ada mobil lewat, tangan anaknya ketarik untuk menghindari mobil tadi.

Dokter Mesty pun menjelaskan bahwa anak di bawah usia 5 tahun, antara lengan bawah dan lengan atas di bagian tangan, penghubungnya masih belum kuat. Oleh sebab itu, ketika tangan anak tertarik atau tertahan ketika digandeng, tulang di bawah bisa langsung bergeser dan hubungan antar tulangnya menjadi tidak selaras. Ini menyebabkan tangan anak terasa sangat sakit saat digerakkan.

4 dari 5 halaman

Dokter MestyDokter Mesty © tiktok.com/@doktermesty

Namun, bila rasa sakitnya malah ditahan-tahan dan tidak ditangani dengan tepat, hal ini bisa mengubah bentuk tulang pada bagian tangan anak sehingga fungsinya akan terganggu. Cara paling tepat menangani saat anak mengalami nursemaid's elbow seperti ini yaitu segera dibawa ke dokter orthopedi supaya segera ditangani.

Penanganannya pun menurut pengalaman dokter Mesty sangat cepat. Usai tangan anaknya yang tulangnya bergeser akibat tertahan pengasuhnya dibetulkan oleh dokter Rizki, langsung balik normal lagi dalam sekejap.

5 dari 5 halaman

Dokter MestyDokter Mesty © tiktok.com/@doktermesty

Dokter Mesty kemudian mengingatkan bahwa orang tua dan pengasuh, tak boleh menggandeng atau menahan anak di pergelangan tangan bawah atau di lengan bawah. Hal ini ternyata bisa menyebabkan tulang anak bergeser dan mengalami nursemaid's elbow.

Daripada menggandeng anak, lebih baik biarkan si kecil yang menggandeng tangan orang tua atau pengasuhnya. Bila lokasinya kurang aman atau ramai, lebih baik anak digendong atau dipegang bagian lengan atas atau yang lebih aman lagi di bawah ketiak. Itulah pengalaman dan saran dari dokter Mesty, semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar