Ini Tips supaya Anak Tidak Jadi Orang yang Materialistis

Reporter : Riza Umami
Jumat, 30 Desember 2022 18:15
Ini Tips supaya Anak Tidak Jadi Orang yang Materialistis
Berikut ini beberapa tipsnya Mom.

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam menjalani hidup ini memang dibutuhkan yang namanya uang dan materi. Namun, menjadi pribadi yang terlalu materialistis juga bisa jadi bumerang untuk diri sendiri.

Sebagai orangtua, Mom lebih suka mempunyai anak yang materialistis atau tidak? Bila tidak, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya anak tidak menjadi orang yang materialistis.

1 dari 5 halaman

Sebelumnya, mari diperhatikan dulu apa saja hal yang bisa memicu anak jadi materialistis seperti ini. Dikutip dari akun Instagram @parentalk.id, yang pertama disebabkan karena sikap orang tua. Anak mungkin melihat sikap ibunya yang materialistis misalnya suka beli barang branded dan lain-lain.

Yang kedua bisa disebabkan karena standar sukses dari lingkungan sekitar. Sebagai contoh, anak mendengar bahwa si A sukses karena ia mempunyai benda tertentu. Hal ini bisa membuat anak berpikir bahwa ia bisa jadi sukses ketika dirinya mempunyai barang tertentu.

2 dari 5 halaman

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © Dreamworks / glamour.com

Yang ketiga pemicunya karena adanya rasa tidak bahagia. Anak mungkin membandingkan dirinya dengan anak lain. Maka, anak akan mencari kepuasan dari benda tertentu yang bisa mengisi kekosongannya dan membuatnya seolah tak mau kalah dengan anak lain tersebut.

3 dari 5 halaman

Ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk menghindari anak jadi begini. Dilansir dari verywellfamily.com, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan supaya anak tidak materialistis.

Pertama yaitu dengan menanamkan rasa syukur setiap hari. Ajarkan anak untuk bersyukur sesering mungkin. Tanpa disadari, ada banyak sekali hal yang bisa anak syukuri misalnya kesehatan, kebersamaan dengan keluarga dan masih banyak lagi.

4 dari 5 halaman

Kedua, Mom bisa mengajarkan anak bahwa lebih penting quality time dibandingkan hadiah barang. Pengalaman berharga yang dialami oleh anak sebenarnya tak ternilai harganya. Itu jauh lebih berharga dibandingkan sekadar barang-barang.

Ketiga, ibu perlu menghindari memberikan anak reward berupa barang kepada anak. Dibandingkan memberikan anak hadiah barang, lebih baik ibu mengajak anak liburan bersama keluarga ke taman bermain atau tempat lainnya.

5 dari 5 halaman

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © parentmap.com

Yang keempat, orang tua perlu menjadi role model yang baik untuk anak. Bila Mom tak mau anak jadi orang yang materialistis, maka ibu pun perlu mencontohkannya. Jadilah role model yang baik untuk anak dengan sering bersedekah, memberikan donasi dan tak suka membeli barang-barang branded yang mahal.

Beri Komentar