Hati-hati di Jalan, Ini Tips Aman dan Nyaman Mudik ke Kampung Halaman Bareng Si Kecil

Reporter : Kurnia
Jumat, 29 April 2022 12:08
Hati-hati di Jalan, Ini Tips Aman dan Nyaman Mudik ke Kampung Halaman Bareng Si Kecil
tinggal menghitung hari menuju hari yang fitri

Sudah mendapatkan ijin untuk mudik lebaran setelah dua tahun pemerintah memberikan larangan, akhirnya warga boleh melakukan tradisis pulang kampung lagi.

Dengan syarat dan ketentuan tertentu, diperkirakan akan ada sekitar 40 juta orang bakalan mudik dan pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi untuk merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah.

1 dari 6 halaman

Dibalik pandatnya arus mudik perjalanan pulang dan pergi, kira-kira Moms dan Daddy sudah menyiapkan segala keperluan untuk keluarga terutama si kecil agar aman dan nyaman selama perjalanan belum nih?

Nah, agar aman dan nyaman sepanjang perjalanan menuju kampung halaman, yuk ikuti tips berikut ini yang sudah Diadona.id rangkum khusus hanya untuk kamu.

2 dari 6 halaman

Mudik lebaranMudik lebaran © Shutterstock.com

Pastikan Kondisi Mobil Aman

Sebelum Daddy memboyong istri dan anak-anak, alangkah baiknya jika memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu.

Service dan bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan secara menyeluruh dan memastikan kondisi mobil masih prima agar perjalanan selama mudik dengan si kecil tetap lancar dan aman.

3 dari 6 halaman

Tempat Duduk yang Aman

Sudah pasti, jok mobil didesain khusus untuk orang dewasa. Jadi gimana dengan anak-anak yang akan ikut mudik dengan mobil?

Untuk kenyamanan dan keamanan si kecil, Moms dan Daddy sebaiknya menyiapkan tempat duduk yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Misalnya nih, Daddy bisa menyiapkan car seat untuk bayi dan anak hingga usia 6 tahun.

Car seat diketahui lebih aman dan nyaman digunakan oleh buah hati selama perjalanan di dalam mobil, serta bisa melindungi mereka dari benturan keras apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4 dari 6 halaman

Membawa Makanan dan Mainan Kesukaan Si Kecil

Mudik bersama si kecil memang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Untuk itu, Moms dan Daddy perlu menyiapkann segala hal dan kepentingan anak-anak dengan matang.

Mudik lebaranMudik lebaran © Shutterstock.com

Apa saja?

Terutama harus ada makanan dan mainan kesukaan anak yang bisa dinikmati saat dalam perjalanan mudik. Selain itu, Moms jangan lupa untuk membawa botol minum anak, air mineral yang cukup, dan alat sanitari mereka ya.

Selain itu, Moms dan Daddy juga bisa memutar lagu-lagu kesukaan anak-anak selama perjalanan di dalam mobil.

5 dari 6 halaman

Beristirahat

Menggunakan mobil pribadi memang lebih melelahkan, namun semua harus tetap aman selama perjalanan menuju pulang kampung.

Saat tubuh mulai merasa lelah, ini juga berlaku untuk semua penumpang termasuk anak-anak ya, Moms. Pastikan untuk beristirahat sesekali saat lelah, dan ada baiknya untuk memberikan anak waktu istirahat dengan keluar dari mobil.

Regangkann tubuh, mengganti baju dan popok saat istirahat atau makan bersama di rest area.

Sebelumnya, Moms dan Daddt wajib mengetahui dahulu tentang lokasi yang digunakan untuk beristirahat ya. Perhatikan tempat-tempat yang bisa untuk dipakai istirahat, di antaranya pom bensin, rest area, dan rumah makan.

Beri Komentar