Apa Sih Self-Talk Positif dan Manfaatnya untuk Anak-anak?

Reporter : Kurnia
Kamis, 3 Februari 2022 13:45
Apa Sih Self-Talk Positif dan Manfaatnya untuk Anak-anak?
Moms Wajib Tahu Nih

Pada intinya, self-talk positif adalah cara yang dilakukan orang atau anak-anak untuk menyelesaikan masalah, menyesuaikan diri dengan perubahan, atau bisa diartikan sebagai respon terhadap situasi yang mengancam yang pada akhirnya bisa memberdayakan anak-anak untuk membingkai ulang pemikiran mereka, memelihara ketahanan, dan membangun harga diri, Moms.

1 dari 5 halaman

Self-Talk Positif

Self-Talk Positif sendiri merupakan bagian penting dari pembelajaran sosial-emosional yang bukan hanya sekadar menumbuhkan sikap positif pada si kecil. 

Intinya, tujuan dari self-talk positif adalah untuk melatih otak anak-anak untuk mengenali kekuatan, peluang untuk pertumbuhan, dan alasan untuk mencoba lagi karena keraguan terhadap diri sendiri.

Sedangkan menurut seorang ahli bernama Gina Mcdowell seperti dikutip dari laman verywellfamily.com, Self-Talk Positif adalah pembicaraan diri yang positif dapat terlihat berbeda untuk setiap anak.

2 dari 5 halaman

Self-Talk Positif Berpengaruh pada Pertumbuhan Anak dan Remaja

Semua anak dan remaja rentan terhadap keraguan diri sehingga mereka sangat membutuhkan Self-Talk Positif di masa-masa pertumbuhannya.

Tak sedikit dari mereka yang memiliki banyak pesan dan pikiran negatif yang pada akhirnya melemahkan dan mengikis harga diri mereka sendiri loh, Moms. 

Misalnya, sering kali anak-anak berpikir dan berkata hal-hal negatif tentang diri mereka sendiri seperti ‘Saya pecundang,’ atau kalimat yang lebih sepele lagi seperti, ‘Saya tidak pandai matematika.’

Ilustrasi Anak Berbicara dengan Ibunya © Diadona

3 dari 5 halaman

Kalimat-kalimat tersebut adalah contoh self-talk negatif yang berbahaya bagi kepercayaan diri dan ketahanan si kecil. Sebenarnya, jika kalimat-kalimat semacam itu cukup sering diucapkan maka anak-anak pasti mulai mempercayainya. 

Namun, jika Moms mendorong si kecil atau remaha untuk lebih positif dalam memandang diri mereka sendiri dan terlibat dalam self-talk yang positif, secara tidak langsung Moms juga dapat membantu mereka menjadi lebih positif, percaya diri, lebih tangguh, dan lebih bersedia menghadapi tantangan secara langsung.

4 dari 5 halaman

Lantas, apa masih ada manfaat lain dari Self-Talk Pasitif yang bisa didapatkan anak-anak dan remaja?

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Menurut McDowell, self-talk yang positif dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti:

  1. Membangun ketahanan
  2. Mengembangkan pandangan positif tentang kehidupan
  3. Membantu anak-anak mengidentifikasi kekuatan mereka
  4. Menanamkan rasa percaya diri
  5. Mendorong anak-anak untuk mencari hal-hal yang mereka kuasai
  6. Memungkinkan anak-anak mengenali lingkungan sosial yang baik
  7. Memberdayakan anak-anak untuk menghadapi tantangan dan mengambil risiko
  8. Memberikan anak-anak keberanian untuk mengejar mimpi dan menetapkan tujuan

5 dari 5 halaman

Selanjutnya, self-talk yang positif juga dapat membantu anak -anak meningkatkan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan di bawah tekanan loh, Moms. 

Selain meningkatkan belas kasih diri dan menumbuhkan perilaku pro-sosial karean self-talk yang positif memiliki dampak yang signifikan pada pembangunan kepercayaan diri si kecil dan remaja.

Beri Komentar