7 Tanda Anak Sudah Siap dengan Toilet Training, Yuk Moms Mulai Latih Si Kecil di Usia 1-3 Tahun

Reporter : Kurnia
Rabu, 20 April 2022 13:39
7 Tanda Anak Sudah Siap dengan Toilet Training, Yuk Moms Mulai Latih Si Kecil di Usia 1-3 Tahun
Pelatihan toilet itu penting nggak sih?

Nggak sedikit loh Moms yang justru belum sadar betul akan pentingnya pelatihan toilet (toilet training) untuk si kecil. Tampaknya memang sepele, akan tetap ini bisa menjadi masalah yang cukup serius untuk tumbuh kembang si kecil loh.

Jadi begini Moms, toilet training adalah tonggak utama untuk balita saat si kecil belajar mendengarkan tubuh mereka dan menggunakan kamar mandi untuk mengosongkan kandung kemih dan usunya.

1 dari 4 halaman

Dikutip dari laman verywellfamily.com, toilet training juga bisa membantu Moms menjadi lebih mudah karena tidak perlu mengganti popok secara berkala untuk si kecil loh. Akan tetapi, Moms juga tetap harus memastikan bahwa si kecil sudah benar-benar siap untuk belajar ke toilet. 

Pada umumnya, Moms bisa melatih si kecil dengan toilet training dan mengajari anak-anak menggunakan toilet pada 18 bulan atau 2 tahun.

Akan tetapi, tidak sedikit juga anak yang belum siap mendapatkan pelatihan di usia tersebut. Seperti kebanyakan hal dengan anak-anak, batasan kesiapan itu tidak tergantung pada usia si kecil.

2 dari 4 halaman

Anak Sudah Siap dengan Toilet TrainingAnak Sudah Siap dengan Toilet Training © Shutterstock.com

Moms pasti pernah mendengar cerita tentang anak berusia 2 bulan yang dilatih menggunakan toilet, tetapi banyak juga anak yang belum siap bahkan setelah ulang tahun kedua mereka. Beberapa balita mungkin belum siap untuk buang air kecil sampai mereka mendekati usia 3 tahun Moms, dan ingat itu adalah hal yang normal.

Jika demikian, adakah tanda yang lebih spesifik untuk menujukkan kesiapan si kecil dengan toilet training?

Salah satu cara untuk mengetahui apakah si kecil siap adalah jika mereka telah mencapai tonggak perkembangan tertentu.

3 dari 4 halaman

Anak Sudah Siap dengan Toilet TrainingAnak Sudah Siap dengan Toilet Training © Shutterstock.com

Misalnya, peluang keberhasilan toilet training bisa lebih besar jika si kecil sudah dapat berjalan, berlari, berkomunikasi, mengikuti petunjuk (misalnya, mencari kamar mandi, menyalakan lampu, menurunkan celana, dan pakaian dalam, serta mencuci tangan).

Tanda-tanda lain yang menunjukkan si kecil untuk latihan toilet itu seperti:

4 dari 4 halaman

  • Si kecil mulai menunjukkan minat pada apa yang Moms lakukan ketika pergi ke kamar mandi.
  • Memiliki minat dalam menjaga kebersihan.
  • Si kecil mulai mempunyai rasa malu dan memilih untuk bersembunyi di balik furnitur atau gorden, atau pergi ke ruangan lain untuk buang air kecil atau besar saat merasa ingin buang air kecil/besar.
  • Mengungkapkan keinginan untuk menggunakan toilet.
  • Si kecil mulai menunjukkan kemandirian, mengatakan hal-hal seperti, ‘Saya bisa melakukannya sendiri’.
  • Si kecil mulai memiliki keinginan untuk memakai pakaian dalam.
  • Memiliki kemampuan untuk ‘menahannya’, atau memiliki lebih sedikit popok basah, yang kemungkinan berarti otot kandung kemih mereka telah berkembang dengan baik.

Beri Komentar