Fakta Menyusui Saat Gigi Bayi Mulai Tumbuh yang Perlu Diketahui Para Ibu

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 17 Januari 2021 07:37
Fakta Menyusui Saat Gigi Bayi Mulai Tumbuh yang Perlu Diketahui Para Ibu
Ini yang harus kamu ketahui saat menyusui bayi yang giginya mulai tumbuh.

Memberikan air susu ibu (ASI) melalui menyusui disebut sebagai cara terbaik untuk memenuhi nutrisi pada bayi setelah mereka lahir. Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat luar biasa dari ASI yang nggak perlu kita ragukan lagi.

Seiring dengan berjalannya waktu, anak akan tumbuh semakin besar dan mengalami banyak perkembangan. Tumbuh gigi menjadi salah satu momen pertumbuhan yang akan dialami oleh setiap bayi.

Dilansir dari Healthy Children, gigi pertama bayi mungkin akan muncul setelah enam bulan, meskipun beberapa bayi mungkin bisa lebih cepat atau lebih lama. Banyak ibu memutuskan untuk berhenti menyusui saat bayi mulai tumbuh gigi.

Biasanya hal ini dilakukan karena bayi mulai menggigit payudara saat menyusui atau karena ibu takut digigit. Namun ternyata banyak bayi yang sedang tumbuh gigi nggak mengigit saat menyusui.

1 dari 4 halaman

ilustrasi menyusui © Diadona

Bayi yang sedang menyusui nggak akan menggigit, karena lidahnya menutupi gigi bawahnya. Seorang bayi yang menggigit payudara saat menarik diri menjelang akhir menyusu bisa diajari untuk nggak melakukannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi menggigit saat menyusui. Pertama, kita bisa menyiapkan jari kita untuk menghentikan hisapan dan angkat payudara segeran setelah isapan berhenti.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Kedua, saat bayi sudah menggigit katakan tidak dan keluarkan payudara dari mulut bayi. Cobalah untuk melakukannya dengan cara yang tegas namun tetap lembut.

Amarah yang berlebihan atau bahkan rasa geli bisa membuat bayi tertarik untuk mengulangi eksperimen itu lagi. Begitu mereka menyadari bahwa menggigit berarti nggak ada payudara lagi, dia akan belajar untuk menahan keinginan itu.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Selain itu, penting untuk mengingat bahwa bayi yang sedang menyusui pun rentan terhadap kerusakan gigi yang biasanya terjadi karena bayi minum melalui botol. Hal ini bisa menjadi penyebab utama gigi berlubang dan kerusakan serius pada gigi permanen nantu.

Kerusakan ini terjadi karena gigi bayi dilapisi dengan hampir semua cairan selain air untuk waktu yang lama. Ini sering dilami oleh bayi yang ditidurkan dengan botol susu formula atau jus.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Penelitian menunjukkan bahwa ASI nggak menyebabkan kerusakan gigi. Namun bayi yang tertidur sambil menyusui dengan susu yang nggak tertelan di mulutnya juga rentan mengalami kerusakan gigi.

Kerusakan gigi dapat terjadi pada balita yang menerima cairan manis dalam botol atau yang sedang menyusui dan mengonsumsi makanan dengan gula dan karbohidrat. Usahakan untuk mengeluarkan payudara dari mulut bayi setelah dia tertidur.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar