Seberapa Sering Sebaiknya Anak Keramas?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 13 Januari 2021 10:17
Seberapa Sering Sebaiknya Anak Keramas?
Ini jawabannya Mom.

Keramas adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh anak untuk menjaga kebersihan rambutnya. Kebersihan rambut dan kulit kepala tentu tak boleh dilupakan karena ini juga penting untuk penampilan anak sendiri.

Oleh sebab itu, Mom pun perlu mengajarkan anak untuk mencuci rambutnya alias keramas dengan benar. Tak hanya sekadar pakai sampo, tetapi juga mengajarinya berapa kali harus keramas agar rambutnya pun tetap sehat dan kuat.

1 dari 3 halaman

Untuk mengetahui hal tersebut, ternyata Mom perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan rambut anak karena pada setiap anak mungkin bisa berbeda. Dilansir dari laman klikdokter.com, hal ini disebabkan karena beberapa faktor berikut ini.

Pertama, ibu perlu mengetahui tekstur dan jenis rambut anak. Untuk anak yang rambutnya kering, sebaiknya tidak keramas terlalu sering untuk menjaga kelembapan alami kulit kepala dan rambut anak. Anak dengan jenis rambut kering dianjurkan untuk keramas sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Ilustrasi Anak KeramasIlustrasi Anak Keramas © https://www.shutterstock.com/g/chihong

2 dari 3 halaman

Anak dengan rambut yang berminyak biasanya akan kelihatan lepek beberapa jam setelah keramas, apalagi kalau dia memang mempunyai aktivitas yang padat. Anak dengan tipe rambut yang cenderung berminyak seperti ini sebaiknya sering keramas dan bisa setiap hari.

Berikutnya, perhatikan pula kondisi kulit kepala anak. Anak dengan kondisi kulit yang kering sebaiknya tidak keramas setiap hari karena biasanya produksi sebumnya cenderung sedikit. Hal ini pun akan baik untuk menjaga kulit kepalanya agar tetap sehat.

3 dari 3 halaman

Di lain sisi untuk kulit kepala yang cenderung berminyak, sebaiknya sesering mungkin keramas bahkan dianjurkan untuk setiap hari keramas karena untuk membuat rambutnya tetap bersih. Bila lama tak keramas, maka rambutnya akan lepek, berisiko muncul jerawat atau ketombe pada kulit kepalanya.

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah usia anak. Untuk anak yang masih bayi tak perlu keramas setiap hari dan cukup dua sampai tiga kali dalam seminggu. Lalu, untuk anak yang sudah mulai sekolah sebaiknya sesering mungkin keramas karena aktivitasnya mulai banyak dan mudah berkeringat.

Nah itulah beberapa hal yang perlu ibu diperhatikan dalam menentukan seberapa sering sebaiknya anak keramas dalam seminggu. Semoga ulasan ini bisa membantu ya Mom.

Beri Komentar