Ternyata Bayi Terlahir dengan 4 Insting Ini, Sudah Tahu Belum?

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 14 Januari 2021 07:37
Ternyata Bayi Terlahir dengan 4 Insting Ini, Sudah Tahu Belum?
Bayi ternyata terlahir dengan beberapa naluri ini lho!

Terbentuknya seorang bayi di dalam kandungan ibu saja sudah menjadi sebuah hal yang sangat menakjubkan. Selama kurang lebih sembilan bulan lamanya, janin berkembang dan berbagi kehidupan dengan ibu di dalam rahim.

Setelah lahir ternyata buah hati kita masih punya banyak kejutan yang ingin mereka tunjukkan. Dilansir dari Today's Parent, ternyata bayi punya lima insting sejak mereka lahir.

Beberapa di antaranya mungkin sudah sering kita saksikan sendiri. Tapi saking takjubnya dengan segala yang dilakukan anak, kita mungkin sampai nggak sadar kalau mereka memiliki naluri tersebut.

Apa aja ya kira-kira insting itu? Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 4 halaman

Insting bertahan hidup

Ilustrasi Bayi Bicara © Diadona

Refleks mulut dimiliki oleh bayi dan hal itu menunjukkan bahwa mereka memiliki insting bertahan hidup. Saat kita membelai pipi bayi biasanya mereka akan menoleh ke arah sentuhan dengan mulut terbuka.

Refleks ini membantunya menemukan dan menempel pada puting ibu. Bayi juga akan menyusu saat mulutnya diberi sentuhan.

Selain itu, refleks muntah juga membantu mencegah bayi agar nggak tersedak. Jika ada sesuatu yang menyentuh bagian belakang tenggorokannya, rahangnya akan turun dan lidahnya akan mendorong ke depan untuk mengeluarkannya.

2 dari 4 halaman

Insting mencari kenyamanan

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Kita tentu sering melihat bayi yang begitu menempel pada ibunya. Biasanya saat bayi dibaringkan terlentang atau dikejutkan dengan suara keras, mereka akan refleks melemparkan lengan dan kakinya ke depan.

Hal ini terlihat seolah-olah mereka ingin merain nyawanya. Bahkan refleks ini juga digunakan bayi untuk memberi tahu kita bahwa dia ingin digerakkan dengan lebih lembut.

3 dari 4 halaman

Insting untuk berjalan

ilustrasi bayi © Diadona

Saat kita menggendong bayi dan mengarahkan kakinya untuk menyentuh permukaan yang kokoh, biasanya bayi akan mengangkat kakinya satu demi satu. Mereka bergerak seolah-olah sedang berjalan.

Meski nggak ada penjelasan biologis mengenai hal itu, namun bisa dikatakan ini adalah refleks khusus. Saat kita menahannya dalam posisi berdiri saat dia kesal, biasanya bayi terlihat seperti sedang menginjak kakinya.

4 dari 4 halaman

Insting membuat diri nyaman

Ilustrasi Bayi Senyum © Diadona

Saat ditelungkupkan, bayi akan menoleh ke samping. Hal ini dilakukannya untuk memastikan agar dirinya bisa bernapas.

Selanjutnya saat sebuah selimut jatuh di atas kepalanya, dia akan mengganti posisi kepalanya dan mengayunkan lengannya untuk mendorong selimut itu menjauh dari wajahnya. Insting ini tentu muncul untuk membuat dirinya menjadi lebih nyaman.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar