Deretan Manfaat Sarapan untuk Anak, Jangan Sampai Dilewatkan Ya Mom

Reporter : Riza Umami
Jumat, 18 Desember 2020 07:17
Deretan Manfaat Sarapan untuk Anak, Jangan Sampai Dilewatkan Ya Mom
Apa aja ya manfaatnya?

Sebelum berangkat ke sekolah, biasanya anak akan sarapan dulu di rumah. Namun, ada pula sejumlah ibu yang terlalu sibuk untuk menyiapkan sarapan bagi buah hatinya karena harus segera bekerja, pergi belanja atau alasan yang lainnya.

Padahal, sebenarnya sarapan ini mempunyai manfaat yang baik untuk buah hati meski terlihat sepele. Dilansir dari laman klikdokter.com, bahkan manfaat dari sarapan ini akan berefek cukup panjang sampai ke masa depan. Wah, kira-kira apa ya manfaatnya?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Pertama, pastinya sarapan ini berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Nutrisi ini pun adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan buah hati secara optimal. Anak sebaiknya makan tiga kali untuk makanan besar dan dua kali untuk makanan ringan dalam sehari.

Yang kedua, sarapan ini pun akan membuat anak jadi lebih berenergi di pagi hari. Biasanya, anak tidur lebih cepat di malam hari dan selama tidur dalam waktu 8-9 jam, ia tak memperoleh asupan energi apa pun ke tubuhnya. Oleh sebab itu, anak pun butuh pasokan energi di pagi hari dengan cara sarapan agar bisa menjalani harinya lebih berenergi.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Selanjutnya, anak yang sudah sarapan tentu akan mempunyai energi untuk belajar dan beraktivitas di sekolahnya nanti. Dia pun jadi lebih aktif dibandingkan dengan anak yang belum sarapan di rumahnya. Kegiatan olahraga yang menguras energi pun bisa dilewati dengan mudah karena anak sudah mendapatkan cukup pasokan di tubuhnya.

Berikutnya, sarapan ini pun ternyata juga bisa meningkatkan konsentrasi belajar anak. Pada sejumlah anak biasanya mereka jadi kurang konsentrasi akibat perut yang lapar, apalagi berpikir juga bisa menguras energi. Oleh sebab itu, penting untuk sarapan dulu sebelum berangkat ke sekolah.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Selain itu, sarapan juga ternyata bisa mencegah anak mengalami obesitas. Hal ini disebabkan karena anak yang berangkat sarapan dulu, biasanya perutnya sudah kenyang dan hanya beli jajan saat nanti istirahat. Berbeda dengan anak yang tak sarapan, dia merasa lapar sehingga membuatnya ingin beli jajan terus-menerus. Padahal, makanan dan minuman di sekolah ini banyak mengandung gula dan lemak tinggi yang bisa menyebabkan obesitas.

Terakhir, anak yang sarapan dulu di rumah biasanya beli jajannya lebih terkontrol sehingga ibu pun hanya perlu memberikan uang saku yang secukupnya dan tak perlu terlalu banyak. Wah, ternyata banyak juga ya Mom manfaat dari sarapan untuk anak ini. Jangan lupa siapkan sarapan untuk anak ya.

Beri Komentar