Cara Mengelola Emosi Bagi Ibu agar Buah Hati Tetap Senang di Rumah

Reporter : Riza Umami
Minggu, 20 Desember 2020 07:17
Cara Mengelola Emosi Bagi Ibu agar Buah Hati Tetap Senang di Rumah
Ini cara dari Kak Seto.

Di masa pandemi yang berlangsung cukup lama, ibu dan anak banyak menghabiskan waktu di rumah yang terkadang bisa bikin jenuh dan bosan sendiri. Bukan hanya anak, tetapi Mom pun mungkin juga mengalami hal yang sama, pengin pergi ke luar, belanja ke pasar atau yang lain sebagainya.

Ibu pun sebenarnya juga perlu memperhatikan emosinya sendiri karena masa-masa di rumah aja ini memang menjemukan. Lantas, bagaimanakah cara Mon bisa mengelola emosi agar anak pun tetap senang di rumah?

Ilustrasi Ibu dan Anak

1 dari 3 halaman

Dilansir dari laman Covid19.go.id, Dr. Seto Mulyadi memberitahukan tips GEMBIRA untuk para ibu. Ini adalah salah satu cara agar buah hati tetap senang di rumah serta membuat Mom bisa mengontrol emosinya sendiri supaya lebih stabil.

Sebenarnya GEMBIRA ini adalah singkatan dari Gerak, Emosi cerdas, Makan dan minum sehat, Beribadah di rumah, Istirahat, Rukun serta Aktif berkarya. Meski tampak sederhana, dengan konsisten mempraktikkan tips GEMBIRA ini di rumah, bisa membuat hidup jadi lebih positif dan bahagia.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Kak Seto mengungkapkan bahwa kita perlu didorong untuk tetap bergerak selama di rumah aja misalnya dengan cara olah raga, ikut bermain bersama anak atau bisa juga dengan melakukan beberapa pekerjaan rumah seperti mencuci piring, menyapu, mengepel, membersihkan kamar mandi dan masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Dia juga menjelaskan bahwa ternyata penting untuk mengontrol emosi dengan cerdas agar kata-kata yang diucapkan ibu ini tak sampai menyakitkan untuk anak serta tak akan sampai merusak hubungan pertemanan ibu dan anak yang selama ini sudah dibangun.

Kak Seto pun mengatakan bahwa sangat penting untuk tetap menjaga kerukunan antar anggota keluarga satu sama lain di masa pandemi ini. Daripada malas dan hanya rebahan, tentu akan lebih baik kalau aktif beraktivitas dan berkarya. Selain itu, Mom juga perlu mengungkapkan rasa kasih sayang pada anak lebih sering agar ia pun lebih bahagia karena dicintai oleh ibunya.

Beri Komentar