Apakah Benar Mandi Air Dingin Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 19 Desember 2020 07:17
Apakah Benar Mandi Air Dingin Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil?
Ini jawabannya.

Mandi adalah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh anak setiap hari untuk membuat tubuhnya tetap bersih dan terhindar dari kuman kotoran. Di Indonesia sendiri, biasanya buah hati dimandikan dua kali sehari untuk menjaga kebersihannya.

Bila udaranya tak terlalu dingin, biasanya ibu akan memandikan si kecil dengan air yang bersuhu normal. Namun, kalau terlalu dingin seperti di pagi hari, ibu pun memilih untuk memandikan anak menggunakan air hangat agar ia tak sampai menggigil kedinginan.

1 dari 3 halaman

Ada pula sejumlah orang tua yang beranggapan kalau memandikan anak dengan air dingin ini bisa meningkatkan kesehatan dan juga kekebalan tubuhnya. Lantas, apakah hal tersebut benar adanya? Berikut ini ulasannya.

IIustrasi Bayi Mandi © Diadona

Dilansir dari laman klikdokter.com, beberapa penelitian medis menunjukkan bahwa ternyata mandi air dingin ini bisa meningkatkan sel-sel imun tertentu pada tubuh. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mandi air dingin ini bisa menurunkan angka tidak masuk kantor karena sakit sebesar 29 persen.

2 dari 3 halaman

Namun, manfaat tersebut masih dipertanyakan untuk anak-anak dan dianggap kontroversial karena semua penelitian tersebut hanya dilakukan pada orang dewasa, bukan anak-anak. Jadi, belum ada cukup bukti bahwa air dingin ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Meski begitu, tentu ibu pun boleh memandikan anak dengan air dingin, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya pada anak yang masih bayi, dia mempunyai kulit yang lebih tipis dan rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu, lapisan lemak di tubuhnya ini masih belum terlalu tebal untuk bisa mengatasi dinginnya air.

ilustrasi bayi mandi © Diadona

3 dari 3 halaman

Bayi yang berusia kurang dari setahun dengan kondisi tubuh yang kurang gizi, besar kemungkinan bisa mengalami hipotermia (suhu tubuh di bawah normal) ketika dia dimandikan dengan air dingin. Hipotermia ini pun tak bisa dianggap sepele karena bisa berakibat fatal pada anak.

Makin besar anak, dia pun akan memiliki kulit dan lapisan lemak yang sudah lebih tebal sehingga tak masalah dimandikan dengan air bersuhu normal. Namun, tetap pastikan airnya tak terlalu dingin untuk anak dan tidak akan membuatnya sampai menggigil kedinginan. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar