Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel yang Cocok Jadi Mainan si Anak, Harus Dicoba nih Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 28 Juli 2020 09:07
Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel yang Cocok Jadi Mainan si Anak, Harus Dicoba nih Moms!
Nggak perlu beli, begini cara membuat boneka dari kain flanel sendiri di rumah.

Moms, tahu cara membuat boneka dari kain flanel ini seru loh! Kita bisa membuat bareng si kecil dan pastinya lebih hemat dong! Tenang aja, soal hasilnya nanti nggak bakal mengecewakan. Gak kalah deh pokoknya sama boneka-boneka yang dijual di toko.

Apalagi kalau si kecil suka boneka, cara membuat boneka dari kain flanel ini bisa melatih imajinasinya juga untuk berkreasi bentuk yang ia mau. Selain itu, boneka yang sudah menjadi kesayangan sampai diberi nama, baju dan dianggap makhluk hidup bisa meningkatkan emosi anak loh!

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Boneka Tangan dari Kain Flanel

Cara Membuat Boneka Tangan dari Kain Flanel © Diadona


Nah, cara membuat boneka dari kain flanel ini selain murah bahannya juga cocok untuk anak karena mudah didapatkan dan lembut. Merangkum dari Hellobee, seperti ini loh cara membuat boneka tangan dari kain flanel.

Sebelum membahas cara membuat boneka dari kain flanel, siapkan alat dan bahan dulu ya.

- Kain flanel dengan warna sesuai selera. Kalau mau bikin bentuk beruang pakailah warna cokelat, putih untuk kelinci dan sebagainya.

2. Benang sulam

3. Kapas atau facorn untuk isi boneka

4. Jarum jahit

5. Jarum pentul atau klip

6. Gunting

7. Kertas untuk menggambar pola

8. Lem tembak

2 dari 6 halaman

Langkah-langkah cara membuat boneka tangan dari kain flanel

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel © Diadona

1. Pertama, kita buat polanya dulu moms. Nah kali ini contohnya untuk boneka beruang ya. Pola digambar mulai dari kepala, badan, tangan sampai kaki. Kalau mau pakai baju seperti rancangan Mollie Johanson di Hellobee ini juga boleh loh!

2. Setelah pola terbentuk, langkah selanjutnya pada cara membuat boneka dari kain flanel adalah mencetak kain pada pola dan menjadikannya dua bagian. Kemudian gunting pola, termasuk bagian mata dan hidung.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel © Diadona

3. Lalu, mommies bisa mengajak si kecil menempel mata dan hidung di potongan badan beruang pada bagian depan. Menempel mata dan hidung ini bisa pakai lem tembak atau menjahit dengan benang sulam. Sedangkan untuk bibirnya jahit pakai benang sulam dengan pola sederhana.

4. Terus, tempel empat kancing ke potongan beruang yang sama. Jahitnya di masing-masing sisi atas lengan dan atas kaki ya moms.

5. Jika bagian depan beruang sudah selesai, mulai untuk menjahit bagian depan dan belakang beruang. Untuk menahannya bisa menggunakan jarum pentul atau jepitan.

Menjahitnya di bagian pinggir ya moms. Tapi jangan lupa untuk menyisakan sedikit sebagai tempat memasukkan kapas atau dacron.

4 dari 6 halaman

6. Nah, bagian ini adalah yang paling seru dalam cara membuat boneka dari kain flanel. Ajak anak mengisi bonekanya dengan kapas atau dacron mulai dari kaki sampai kepala.

Tips saat mengisi boneka, nggak usah terlalu padat. Asalkan boneka tidak lemah sehingga nantinya bentuknya tidak menonjol karena kelebihan isi.

7. Jika sudah terisi secara merata, tinggal dijahit deh sisa lubang yang tadi. Kalau mau ditambah pakai baju juga bisa loh!

5 dari 6 halaman

Berikut ini cara yang perlu dilakukan untuk memberi baju boneka. Yap, kita bisa membuatnya sendiri moms.

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel © Diadona

1. Setelah membuat pola pakaian, potong dan jiplak pada kain flanel dengan warna kesukaan si kecil. Kemudian, gunting kain flanel menjadi dua bagian mengikuti pola.

2. Lipat flanel menjadi dua untuk memotong celah lubang sebagai kerah baju.

3. Kemudian, buat lubang kancing yangs edikit lebih besar daripada lubang pada kancingnya.

4. Selain itu, si kecil juga bisa memilih hiasan lain untuk ditempel pada pakaian boneka atau melukis dengan cat kain. Tara... jadi deh boneka dari kain flanelnya!

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel © Diadona

Selain boneka bentuk beruang, juga bisa membentuk kucing, kelinci, panda atau bahkan boneka emoticon. Kalau emoticon untuk polanya tentu saja lebih mudah ya moms, karena bentuk dasarnya lingkaran. Kemudian, tinggal dibentuk ekspresi wajah sesuai yang diinginkan.

Jadi begitulah cara membuat boneka dari kain flanel yang mudah dan praktis. Selamat mencoba di rumah bareng si kecil, moms!

Beri Komentar