Cara Jitu untuk Mengajari Anak agar Cermat Memilih Jajanan

Reporter : Riza Umami
Minggu, 11 Oktober 2020 08:17
Cara Jitu untuk Mengajari Anak agar Cermat Memilih Jajanan
tips mengajari anak agar cermat memilih jajanan di luar rumah.

Anak-anak cenderung suka beli jajan saat di luar, apalagi kalau temen-temennya pada beli. Padahal, belum tentu semua jajanan itu baik untuk anak. Oleh sebab itu, tiap orang tua pun penting mengajari anaknya dalam memilih jajanan yang sehat.

Masalahnya yaitu karena anak-anak ini biasanya belum tahu cara memilih jajanan yang baik untuk dikonsumsi atau tidak. Lantas bagaimana ya cara mengajari anak untuk memilih jajanan yang sehat ini? Dilansir dari laman klikdokter.com, berikut ini cara-cara yang bisa Mom lakukan.

1 dari 4 halaman

1. Pilih Tempat yang Bersih dan Penjual yang Menjaga Kebersihan

Jajanan SD © Diadona

Ajarkan anak untuk membeli jajanan ini ditempat yang bersih misalnya jauh dari tempat sampah, selokan, debu, lalat dan kotoran. Ibu bisa lebih dulu menunjukkan pada anak contoh tempat yang tidak bersih dan harus dihindari oleh anak.

Kemudian, ajarkan pula pada anak untuk melihat apakah penjualnya menjaga kebersihan atau tidak. Beberapa penjual yang suka kebersihan biasanya akan menggunakan sarung tangan plastik, rajin mencuci tangan dan beberapa hal lainnya.

2 dari 4 halaman

2. Larang Anak Memilih Makanan dengan Warna yang Mencolok

Jajanan SD © Diadona

Biasanya, makanan yang berwarna mencolok itu menggunakan pewarna makanan tekstil yang tentunya sangat berbahaya untuk tubuh anak. Pewarna jenis ini terkadang di temui pada saos, atau beberapa camilan dengan harga yang murah. Pastikan anak untuk menghindari jajanan dengan warna mencolok itu agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

3 dari 4 halaman

3. Ajari Anak untuk Memilih Makanan atau Minuman yang Tak Memiliki Rasa Tajam

Ilustrasi Masakan Tempe © Diadona

Banyak jajanan dan makanan yang menggunakan penyedap rasa secara berlebihan agar makanannya itu terasa enak. Biasanya, masakan yang banyak MSG-nya ini memiliki rasa yang tajam. Padahal, MSG ini merupakan salah satu komponen masakan yang cukup sering dihindari oleh sejumlah orang.

4 dari 4 halaman

4. Ajarkan Si Kecil Jangan sampai Makan Makanan yang Basi

Ilustrasi Masakan Tempe © Diadona

Terakhir, ajarkan si kecil untuk membedakan mana makanan yang sudah basi atau belum. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bila anak sampai makan makanan yang basi, maka dia bisa sakit perut, muntah bahkan diare.

Ajari anak untuk membedakan makanan ini dari baunya yang aneh atau berubah, berubah warna, berjamur, atau berlendir. Agar lebih mudah, ibu pun bisa memberikan contoh makanan yang sudah basi pada anak agar dia bisa lebih mudah membedakannya dengan yang belum basi.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengajari anak dalam membeli jajanan di luar rumah. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar