Gimana Ya Cara Menghentikan Anak yang Udah Kecanduan HP?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 10 Oktober 2020 08:17
Gimana Ya Cara Menghentikan Anak yang Udah Kecanduan HP?
Cara menghentikan anak yang udah kecanduan main ponsel.

Saat ini kecanggihan teknologi berkembang dengan pesat. Bukan pemandangan yang baru juga ketika kita melihat anak kecil sudah terbiasa main HP sejak dini. Orang tua pun memiliki beberapa alasan kenapa sampai membiarkan anaknya main HP seperti itu. Ada yang agar anaknya diam, tidak rewel dan alasan yang lainnya.

Di lain sisi, HP ini bisa memberikan dampak yang buruk ke anak ketika si kecil melihat hal yang belum semestinya dia lihat seperti pornografi, kekerasan, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana kalau anak sampai kecanduan HP begitu?

1 dari 2 halaman

ilustrasi anak bermain gadget © Diadona

Pertama yang perlu dilakukan adalah ibu harus tegas membuat batasan waktu untuk anak dalam penggunaan ponsel ini. Sedikit demi sedikit, ibu perlu membuat kecanduan anak terhadap HP ini berkurang. Caranya dengan mengurangi intensitas waktu anak dalam bermain ponsel.

Jika anak sudah terbiasa main HP selama berjam-jam dalam sehari, mulailah untuk menguranginya menjadi 5 jam dulu. Ibu pun harus tegas dalam melakukan hal ini dan jangan terpengaruh saat anak merengek atau menangis. Bila anak sudah terbiasa main ponsel selama 5 jam, mulai kurangi lagi menjadi 3 jam dan terus dikurangi seperti itu.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Main HP © Diadona

Selanjutnya, ibu pun harus memberikan contoh pada anak karena buah hati ini memang cenderung meniru sikap dan kebiasaan orang tuanya. Bila ibu melarang anak menggunakan HP terus-menerus, Mom pun harus berusaha untuk melakukan hal yang sama.

Terakhir, ajak anak melakukan aktivitas lain agar dia nggak terus-terusan pengin main HP dan fokusnya teralihkan pada hal lain. Ibu bisa mengajak anak bermain bersama di rumah atau melakukan hal yang disukai anak seperti menggambar, membaca, berkebun, menyanyi dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk menghentikan anak yang sudah kecanduan main HP. Bila Mom punya cara lain silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga membantu.

Beri Komentar