Beberapa Cara Ini Akan Membuat Anak Betah di Rumah

Reporter : Riza Umami
Rabu, 7 Oktober 2020 11:17
Beberapa Cara Ini Akan Membuat Anak Betah di Rumah
Cara jitu agar anak betah di rumah.

Akibat wabah Covid ini kita jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, begitu pula dengan anak-anak. Padahal, biasanya mereka ini yang paling rajin kalau ngajakin main ke luar rumah, bukan?

Ibu pun harus terus memutar otak dan mencari cara agar anak-anak ini betah di rumah. Namun, gimana ya kalau udah kehabisan cara? Tenang, dilansir dari berbagai sumber, beberapa cara berikut ini bisa digunakan agar anak betah di rumah.

1 dari 3 halaman

1. Jadikan Rumah Sebagai Tempat yang Menyenangkan

Ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Rumah yang membahagiakan tentu akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk anak. Hal ini tentu bukan hanya dilihat dari bagaimana dekorasi rumah tersebut atau seberapa besar rumah itu, tetapi juga dari anggota keluarga di rumah itu yang bisa menciptakan rasa aman dan tentram saat berkumpul bersama.

Rumah yang dipenuhi dengan keharmonisan pasti akan membuat anak itu betah berlama-lama di rumah. Tentunya hal ini memang perlu diciptakan bersama seluruh anggota keluarga. Selain itu, rumah yang ditata dengan baik pun akan membuatnya jadi lebih menyenangkan untuk penghuninya dan juga anak.

2 dari 3 halaman

2. Tunjukkan Kasih Sayang yang Tulus pada Anak

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Setiap anak pasti suka ketika orang tuanya menyayanginya. Berikan kasih sayang yang tulus pada setiap anak tanpa membeda-bedakan atau membanding-bandingkan. Bila orang tua begitu menyayangi anaknya, tentu buah hati pun akan balik menyayangi orang tuanya.

Rumah yang penuh dengan kasih sayang seperti ini pasti akan membuat anak betah di dalamnya. Bahkan, ketika anak harus pergi jauh dari orang tua, rumah ini akan selalu menjadi tempat yang dirindukan untuk segera pulang.

3 dari 3 halaman

3. Biarkan Anak Bermain atau Melakukan Hobinya di Rumah

ilustrasi anak bermain © Diadona

Menghabiskan waktu yang lama di dalam rumah seperti di masa pandemi seperti ini, tentu akan terasa sangat membosankan terutama bagi anak. Nah, salah satu cara yang jitu agar anak tetap betah di rumah adalah dengan membiarkan anak bermain atau melakukan hobinya di dalam rumah.

Ketika anak ingin bermain, ibu bisa menemani anak agar permainan itu terasa makin seru untuknya. Bila anak ingin melakukan hobinya seperti membangun lego, biarkan anak untuk melakukannya. Ibu bisa mendukung hobi atau hal yang anak sukai ini dengan bantuan finansial dan juga dukungan secara moril.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menjadikan rumah sebagai tempat yang menyenangkan agar anak makin betah di rumah. Kalau Mom punya cara lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga membantu.

Beri Komentar