Bikin Heboh, Nora Alexandra Akui Dirinya Dulu Dikandung Selama 12 Bulan! Kok Bisa?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 Desember 2020 11:49
Bikin Heboh, Nora Alexandra Akui Dirinya Dulu Dikandung Selama 12 Bulan! Kok Bisa?
Dan bagi Nora, angka 12 punya makna tersendiri berkaitan dengan kehidupannya dengan sang suami. Tapi, mungkinkan hamil lebih dari 9 bulan bisa terjadi?

Secara umum, seorang ibu hamil akan melahirkan pada usia kehamilan sekitar 40 hari sejak hari pertama haid terakhir. Tapi tahu nggak sih kalau sebenarnya cuman 5 persen aja wanita yang melahirkan sesuai dengan waktu perkiraan dokter. Padahal, kelahiran masih bisa dibilang normal bila terjadi pada kandungan yang berumur 37 minggu sampai 42 minggu.

Begitu pula yang dialami oleh ibunda Nora saat mengandung wanita berumur 26 tahun tersebut selama 12 bulan. Fakta ini terungkap dari unggahan instagram Nora beberapa waktu yang lalu. Nora mengunggah fotonya sedang berciuman dengan Jerinx SID yang kini sedang menjalani proses hukum karena kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian.

1 dari 3 halaman

Pada kolom caption, Nora menulis bagaiamna dia memiliki keterikatan dnegan angka 12. Dari jumlah bulan di mana dia dikandung sang ibu, beberapa momen dia dengan sang suami dan lama vonis sang suami. Dari dua angka itu, Nora percaya sebagai bagian dari takdir dan perjalanan cinta mereka.

      View this post on Instagram

A post shared by MADAM VLAMINORA (@ncdpapl)

"1212121212

Usia saya di dalam kandungan sebelum saya lahir adalah 12 bulan. Tanggal ulang tahun saya, tanggal resepsi pernikahan, ditangkapnya suami saya, semuanya di tanggal 12. Vonis suami pun 1,2 tahun. Tetap ada angka 1 dan 2 nya. Apakah ini kebetulan? Keajaiban? Anugrah? Atau sebaliknya? Apapun itu, hal terbaik yg ingin saya percaya dari dua angka ini adalah:

BerSATUnya DUA cinta kami akan menyeimbangkan dunia kami yg penuh perjuangan ini. Dan semoga nantinya Dua Cinta untuk Satu Semesta beserta semua Ciptaannya ?" tulisnya

2 dari 3 halaman

Tapi, mimin jadi kepo nih dengan pernyataan Nora mengenai lamanya dia berada dalam kandungan ibunya. Namun menurut Medlineplus, sebagain besar kehamila memang berlangsung selama 37 sampai 42 minggu atau hampir 10 bulan. Bila lewat dari waktu tersebut ini disebut dengan post term atau lewat mas apersalinan dan ini bsia aja terjadi di sejumlah kecil kehamilan.

Meskipun ada beberapa risiko yang terjadi jadi kehamilan ini, tapi kebanyakan bayi tersebut lahir dengan kondisi yang cukup sehat.

Tapi kenapa ya hal tersebut bisa terjadi?

3 dari 3 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Kebanyakan nih pada wanita yang merasa hamil lewat dari 40 minggu, sebenarnya itu nggak benar-benar terjadi. Ini mungkin karena tanggal perkiraan lahir yang nggak dihitung dengan benar karena gimanapun tanggal-tanggal tersebut hanya sebuah perkiraan.

Tanggal perkiraan kelahiran bisa dihitung dari hari pertama haid terakhir, ukuran rahim di awal kehamilan juga hasil USG di awal kehamilan. Tapi ini semua nggak bisa dipenuhi oleh beberapa ibu hamil karena:

  • Banyak perempuan yang nggak bisa mengingat hari pasti haid terakhir mereka sehingga sulit untuk memprediksi tanggal perkiraan kelahiran
  • Nggak semua siklus menstruasi punya panjang yang sama
  • Beberapa wanita nggak melakukan USG di awal kehamilan untuk nentuin tanggal kelahiran yang paling akurat

Ringkasnya, belum diketahui secara pasti alasan di balik kehamilan yang lewat dari 42 minggu. Namun untuk ibu yang sedang berada di fase tersebut diharapkan untuk berhati-hati karena ada beberapa risiko kesehatan yang mengintai. Beberapa diantaranya terjadi karena plasenta yang udah mulai nggak berfungsi dengan baik. Ini bisa mengurangi jumlah oksigen dan nutrisi yang didapat oleh bayi sehingga:

  • Bayi nggak tumbuh dengan baik seperti seharusnya
    bisa menunjukkan tanda stres janin. Artinya, detak jantung bayi nggak bereaksi dengan normal
  • Mengalami persalinan yang sulit
  • Peningkatan peluang kematian bayi
  • Bayi yang terlalu besar bisa membuat ibu harus melahirkan secara cesar
  • Jumlah cairan ketuban berkurang sehinga tali pusat bisa terjepit atau tertekan

Jadi intinya nih kehamilan lewat dari 9 bulan itu sangat mungkin terjadi, namun bisa karena beberapa hal dan menyebabkan beberapa riisko kesehatan. Kalian sendiri lahir di umur kehamilan setelah berapa lama nih guys?

Beri Komentar