Tak Lakukan Tandem Nursing, Ini Tips Menyusui 2 Anak Sekaligus ala Kimberly Ryder

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 21 Desember 2020 12:30
Tak Lakukan Tandem Nursing, Ini Tips Menyusui 2 Anak Sekaligus ala Kimberly Ryder
Kimberly Ryder bagikan pengalamannya soal menyusui baby Rayden dan Aisyah.

Kimberly Ryder saat ini sangat menikmati momennya sebagai seorang ibu dua anak. Pada bulan November lalu, ia baru saja melahirkan putri kecilnya yang bernama Aisyah Moonlight Akbar.

Jarak usia sang anak yang berdekatan tentu bukan perkara mudah bagi Kimberly Ryder, salah satunya dalam hal menyusui. Seperti yang kita tahu anak pertama Kimberly, Ryden Starlight Akbar, masih berusia satu tahun dan tentunya masih membutuhkan asupan ASI.

1 dari 6 halaman

Ceritakan Pengalaman Menyusui 2 Anak

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kimberly E Ryder (@kimbrlyryder)

Beberapa waktu lalu Kimberly membagikan pengalamannya untuk ibu yang menyusui dua anak sekaligus seperti dirinya. Artis cantik ini membagikan pengalamannya lewat Instagram pribadinya @kimbrlyryder.

Kimberly Ryder mengungkap jika ia saat ini nggak melakukan tandem nursing. Tandem nursing sendiri adalah istilah yang merujuk pada ibu yang menyusui bayi baru lahir sekaligus sang kakak yang masih balita.

"Banyak yang nanya sekarang Rayden tandem nursing enggak bareng baby Aisyah? Aku ceritain yah. Baby Aisyah biasanya direct breastfeeding (DBF). Kalau dia DBF satu sisi, sisi satunya lagi di kumpulin bocoran ASI-nya. Nah ASI itu biasanya diberikan ke Rayden," tulis artis cantik satu ini.

2 dari 6 halaman

Tetap Memberikan ASI secara Langsung pada Bayi

Kimberly Ryder dan sang anak © Diadona

Kimberly memilih memberikan ASI pada anak pertamanya lewat botol karena gigi putra sulungnya yang mulai tumbuh membuatnya agak takut. Sementara itu, putri bungsunya tetap meminum ASI eksklusif secara langsung darinya. Meski begitu, kadang baby Aisyah juga minum ASIP lewat botol jika memang Kimberly harus keluar tanpa mengajak sang buah hati.

" Kenapa enggak langsung? Giginya agak ngeri yah. Tapi kalau Momma ada urusan dan harus pergi sebentar ninggalin baby Aisyah, ASIP-nya diberikan ke baby Aisyah juga," sambung ibu dua anak ini.

3 dari 6 halaman

Tips Tandem Nursing

Kimberly Ryder dan sang anak © Diadona

Moms juga bisa mengikuti cara Kimberly Ryder ini untuk memberikan ASI pada dua anak yang masih kecil sekaligus. Selagi Moms menyusui salah satu anak, payudara lainnya bisa Moms perah. Sehingga, kedua buah hati bisa mendapat asupan ASI.

Tapi, nggak ada salahnya juga bila Moms memilih tandem nursing atau menyusui kedua buah hati sekaligus. Bila Moms memilih cara satu ini, berikut Diadona sajikan sederet tipsnya yang dikutip dari Alodokter.

4 dari 6 halaman

1. Cukupi Kebutuhan Cairan

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Tak bisa dipungkiri, memproduksi ASI akan membutuhkan banyak air. Pasalnya, sekitar 90% kandungan ASI adalah air Moms. Selain itu, hormon oksitosin yang dihasilkan tubuh juga mengambil cairan tubuh ibu untuk dijadikan ASI.

Karena itu, bila Moms melakukan tandem nursing, tentu saja Moms perlu untuk minum lebih banyak air. Setidaknya, minumlah 3,5 liter air putih setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi sekaligus memperlancar produksi ASI.

5 dari 6 halaman

2. Utamakan Menyusui Bayi yang Baru Lahir

Bayi yang baru lahir bisa dikatakan lebih membutuhkan ASI daripada sang kakak, Moms. Bagi bayi yang baru lahir, ASI sangat penting untuk membentuk daya tahan tubuh. Karena itu, Moms sebaiknya menyusui sang adik lebih sering ya. Biasanya, bayi baru lahir harus menyusu setidaknya setiap 2-3 jam.

3. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi wanita tidur dan bermimpi © Diadona

Tentunya mengurus dan menyusu dua buah hati sekaligus akan menyita tenaga Moms. Agar Moms terhindar dari stres dan kelelahan, sangat disarankan Moms beristirahat secara cukup.

Moms bisa memanfaatkan waktu saat si kecil tidur. Saat kedua buah hati tidur, Moms juga bisa ikut tidur sejenak sebelum kembali beraktivitas.

6 dari 6 halaman

4. Makan Makanan Bergizi

Tak hanya mencukupi kebutuhan cairan, mengonsumi makanan yang bergizi juga nggak kalah penting di masa menyusui. Dengan makanan makanan yang kaya nutrisi, tak hanya baik bagi Moms tapi juga si kecil karena nutrisi yang ibu makan juga akan sampai oada anak lewat ASI.

Karena itu, sebaiknya Moms lebih bijak memilih makanan yang dikonsumsi. Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumi makanan sehat seperti sayuran hijau, ikan, biji-bijian dan lainnya.

Nah, itu dia tips menyusui dua anak batita sekaligus ala Kimberly Ryder. Sebelum melakukan tandem nursing pastikan juga Moms sudah mengonsultasikannya ada dokter, ya. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Beri Komentar