Rajin Makan Buah saat Hamil, Benar Bisa Buat Bayi Lebih Cerdas?

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 19 Desember 2020 06:30
Rajin Makan Buah saat Hamil, Benar Bisa Buat Bayi Lebih Cerdas?
Simak penjelasannya di sini, yuk Moms.

Seperti yang kita tahu, buah memiliki banyak asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Begitu juga bagi ibu hamil. Buah bisa menjadi camilan sehat yang kaya nutrisi selama kehamilan.

Nggak sedikit juga yang mengatakan bila mengonsumsi buah selama kehamilan bisa membuat bayi jadi lebih cerdas. Benar nggak ya anggapan ini? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Konsumsi Buah saat Hamil Bikin Anak Cerdas?

Ilustrasi ibu hamil makan buah © Diadona

Dikutip dari cbc.ca, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Alberta menunjukkan bahwa makan lebih banyak beri dan pisang selama kehamilan nyatanya bisa membuat anak lebih pintar lho Moms.

Studi ini mengungkap fakta bahwa wanita yang makan lebih banyak buah saat hamil memiliki anak dengan performa lebih baik dalam tes perkembangan pada usia satu tahun.

2 dari 3 halaman

Banyak Porsi Buah yang Dikonsumsi

Ilustrasi ibu hamil makan buah © Diadona

" Kami menemukan bahwa salah satu prediktor terbesar perkembangan kognitif adalah berapa banyak buah yang dikonsumsi ibu selama kehamilan. Semakin banyak buah yang dikonsumsi ibu, semakin tinggi perkembangan kognitif anak mereka." kata Dr. Piush Mandhane, salah satu penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal EBioMedicine ini.

Berapa sih banyak buah yang dikonsumsi? Enam atau tujuh porsi sehari, Moms. Dalam penelitian ini, para ibu hamil yang makan buah enam sampai tujuh porsi sehari diketahui memiliki anak yang mendapat peringkat enam atau tujuh poin lebih tinggi pada skala IQ.

3 dari 3 halaman

Jangan Berlebihan

Ilustrasi ibu hamil makan buah © Diadona

" Kami tahu bahwa semakin lama seorang anak berada di dalam rahim, semakin jauh mereka berkembang — dan mengonsumsi satu porsi lebih buah per hari oleh ibu memberi bayi manfaat yang sama seperti dilahirkan seminggu kemudian," sambungnya.

Meski hal ini jadi kabar baik, tapi tetap Mandhane memperingatkan ibu hamil agar tetap memperhatikan konsumsi buah yang dimakannya. Hal ini terkait dengan potensi komplikasi yang mungkin terjadi seperti diabetes gestasional salah satunya.

Karena itu, Mandhane menyarankan agar ibu memberi tahu dokter bila ingin mengonsumsi buah selama kehamilan. Semoga bermanfaat, ya.

Beri Komentar