Berapa Lama Sebaiknya Durasi Ibu Memberikan ASI?

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 4 Januari 2020 13:32
Berapa Lama Sebaiknya Durasi Ibu Memberikan ASI?
Semakin lama durasi ibu memberikan ASI pada anak, maka akan semakin lekat pula hubungan keterikatan antara ibu dan anak.

Setelah masa kehamilan dan melahirkan, proses selanjutnya yang harus dilalui oleh seorang ibu adalah memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. Selain pengetahuan mengenai manfaat ASI, ibu juga hendaknya mempelajari masa durasi pemberian ASI yang baik untuk bayi.

Dilansir dari Steptohealth (03/01) berikut adalah panduan untuk membantu ibu mengetahui berapa lama durasi pemberian ASI yang baik bagi anak.

1 dari 7 halaman

1.Beberapa hari setelah melahirkan

Pemberian ASI hanya pada beberapa hari setelah bayi lahir hanya akan memberikan Kolostrum atau ASI dini. Kolostrum ini kaya dengan zat antibodi yang baik untuk tubuh sang bayi. Kolostrum juga berperan sebagai imunisasi yang paling mudah pada bayi. Selain itu kolostrum juga bertujuan untuk membersihkan sistem pencernaan untuk pertama kalinya.

2 dari 7 halaman

2.Empat hingga enak minggu

Masa pemberian ASI selama empat hingga enam bulan akan membantu bayi menangkal sebagian besar infeksi yang bisa mengancam bayi. Ada penelitian yang mengatakan bahwa bayi yang rutin diberi ASI akan jarang terkena sakit dibandingkan dengan bayi yang kurang mendapatkan asupan ASI. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin sering bayi diberi ASI maka ia akan semakin sehat.

3 dari 7 halaman

3.Tiga sampai empat bulan

Masa pemberian ASI selama tiga hingga empat bulan mampu membuat bayi memeliki sistem pencernaan yang matang dan cukup bisa mentolerir zat asing yang masuk ke saluran pencernaan. Menyusui anak selama tiga hingga empat bulan juga akan membekali tubuh bayi untuk menanggkal infeksi pernafasan, telinga, dan gastrointestinal.

4 dari 7 halaman

4.Enam bulan

Masa menyusui selama enam bulan akan menjamin sang buah hati tetap sehat selama satu tahun kedepan. Selain dapat mengindarkan sang bayi dari berbagai penyakit dan infeksi yang siap menyerang kapanpun, masa pemberian ASI selama ini juga dapat menghindarkan diri dari resiko terjangkit kanker payudara.

5 dari 7 halaman

5.Sembilan bulan

Durasi pemberian ASI selama sembilan bulan, akan membuat bayi mendapatkan perkembangan tubuh dan otak secara optimal. Tentu juga harus dibarengi dengan pemberian makanan tambahan pad bayi. Dengan ini, bayi akan memiliki otak yang cerdas dan tubuh sehat.

6 dari 7 halaman

6.Satu tahun

Bayi yang diberikan ASI selama kurun waktu 12 bulan atau satu tahun, menjadikan tubuhnya siap untuk melahap sebagian makanan yang dibuat oleh sang ibu. Dengan ini ibu tak perlu repot-repot untuk membuat makanan formula, karena anak sudah memiliki kekebalan tubuh yang optimal.

7 dari 7 halaman

7.Delapan belas bulan

Masa menyusui dalam wektu delapan belas bulan sudah pasti dapat memberikan nutrisi, kenyamanan, dan kekebalan yang optimal pada anak. Anak bisa hampir dipastikan memliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Selain itu semakin lama durasi pemberian ASI pada anak maka akan semakin kuat antara ibu dan anak.

Semoga pejelasan singkat mengenai masa durasi pemberian ASI yang baik di ats bisa menambah pengetahuan bagi ibu.

Beri Komentar