Ayo, Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 22 Januari 2021 07:37
Ayo, Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi
Beberapa cara yang bisa mendukung perkembangan otak bayi.

Kehadiran bayi di tengah kehidupan kita adalah hal yang bisa terasa sangat menakjubkan. Perkembangan mereka pun mungkin terasa sangat cepat bagi kita yang merawat mereka setiap hari.

Biasanya perkembangan keterampilan motorik dan kognitif bayi yang membuat kita sering merasa kagum. Bayi yang mungil mulai tumbuh dan secara naluriah menunjukkan kemampuan yang luar biasa.

Dilansir dari

, meski bayi mengembangkan kemampuan untuk memegang dan bermain dengan mainan tanpa bantuan dari kita, ternyata ada cara untuk meningkatkan keterampilan motorik dan kemampuan kognitif itu. Dua kemampuan tersebut dapat berkembang di otak bayi melalui aktivitas dasar seperti menggunakan mainan genggam.

Hal penting yang harus dipahami adalah tolok ukur menggenggam yang harus dicapai oleh bayi terlebih dahulu agar harapan yang diinginkan bisa sesuai. Yuk, simak informasi berikut.

1 dari 5 halaman

Bagaimana keterampilan menggenggam berkembang?

ilustrasi bayi © Diadona

Orang tua yang sering memperhatikan bayinya akan menyadari ketangkasan yang meningkat dalam kemampuan untuk memegang dan bermain dengan mainan seiring dengan berjalannya waktu. Verywellfamily menjabarkan standar untuk menggambarkan perkembangan yang diharapkan pada bayi sepanjang tahun pertama.

Usia 3 bulan

Pada usia ini, bayi sudah bisa memegang benda yang diletakkan di tangan mereka. Meskipun umumnya mereka nggak bisa menjangkau dan mengambil sendiri benda tersebut.

Hal yang bisa dilakukan untuk membantu mereka adalah dengan menawarkan satu mainan pada satu waktu. Biarkan mereka mengembangkan kemampuan pegangannya.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Bayi Potong Kuku © Diadona

Usia 5 bulan

Di usia 5 bulan, bayi bisa meraih dan mengambil barang dengan sengaja secara mandiri. Saat ditawari mainan, bayi akan membolak-balikkan antara mainan dan tangannya.

Ini adalah bukti bahwa kemampuan mereka berkembang untuk merencanakan dan mengoordinasikan gerakan mereka. Untuk membantunya, kita bisa menawarkan mainan sehingga mereka harus meraih dan mengambilnya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Usia 7 bulan

Bayi usia 7 bulan yang sedang tumbuh akan menggenggam menggunakan seluruh tangan mereka untuk menangkup objek. Mereka juga bisa menggunakan ibu jari untuk menekan objek dengan aman ke telapak tangan. Ketajaman visual dan persempsi juga ikut berperan dan bayi sudah mampu memanipulasi objek di tangan mereka.

Untuk mengembangkan hal ini kita bisa memperkenalkan bayi pada berbagai mainan yang sesuai dengan usianya. Selain iti, kita juga bisa mulai mengajak mereka 'mengobrol' saat bermain.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Bayi Gosok Gigi © Diadona

Usia 9 bulan

Di usia ini, bayi telah menguasai kemampuan untuk mengoper benda bolak-balik di antara tangan. Bayi menunjukkan peningkatan ketangkasan otot dan bisa mulai memproses bagaimana perilaku terhubung.

Kita bisa menawarkan mainan tangan yang bisa mendorong mereka untuk memecahkan masalah. Beberapa jenisnya seperti balok pemilah bentuk dan gelas berbagai bentuk.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Bayi Bicara © Diadona

Usia 11 bulan

Pada usia 11 bulan, bayi mulai mahir memanipulasi objek. Kemampuan menggenggam mereka mulai berkembang bersama dengan kemampuan untuk menggulung dan melempar mainan kecil.

Untuk membantunya, kita bisa memberikan mainan sederhana yang memanfaatkan pemahaman dan mengajarkan konsep bergiliran. Memberikan lebih dari satu mainan juga bisa dilakukan untuk membantunya mengembangkan kemampuan berpikir ke depan.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

 

Beri Komentar