Yuk Mengenal Metode Pendidikan Montessori, Bebaskan Anak untuk Eksplorasi

Reporter : Riza Umami
Kamis, 21 Januari 2021 19:17
Yuk Mengenal Metode Pendidikan Montessori, Bebaskan Anak untuk Eksplorasi
Metode pendidikan Montessori untuk anak.

Zaman makin canggih dengan segala pengetahuannya, begitu pula dengan metode pendidikan. Tentunya, metode pendidikan gak melulu seperti yang sudah diajarkan di sekolah umum sedari dulu sampai sekarang. Namun, ada juga metode pendidikan lainnya. Salah satunya yaitu metode pendidikan montessori.

Pernah mendengar tentang metode pendidikan montessori sebelumnya? Dilansir dari laman hellosehat.com, montessori merupakan sebuah metode pendidikan yang sudah dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori. Dia adalah lulusan dari sekolah kedokteran di tahun 1869 serta menjadi salah satu dokter wanita pertama di Italia.

1 dari 3 halaman

Dari pekerjaannya, Dr. Montessori pun bertemu dengan anak-anak. Dia pun mulai tertarik dengan dunia pendidikan kemudian mengembangkan metode montessori ini yang merupakan hasil dari penelitiannya terhadap perkembangan intelektual anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental.

Ilustrasi Anak-Anak © Diadona

Beberapa ciri dari metode pendidikan montessori ini yaitu adanya penekanan pada aktivitas pengarahan pada anak serta guru melakukan pengamatan klinis di mana mereka bertindak sebagai fasilitator atau pendamping. Kemudian, metodenya pun menekankan pentingnya penyesuaian antara lingkungan belajar dengan tingkat perkembangan pada anak.

2 dari 3 halaman

Metode pendidikan ini pun memakai auto correction guna membantu anak belajar dengan baik di mana ia bisa mengoreksi dirinya sendiri tanpa perlu dikasih tahu oleh gurunya. Sekolah pun biasanya tidak menerapkan metode hadiah dan hukuman untuk anak.

Anak pun tak diharuskan mengerti semua pelajaran seperti di sekolah umum. Anak lebih diajarkan agar mandiri. Dengan menggunakan metode ini, anak pun akan belajar mandiri dalam kebiasaan sehari-harinya seperti mandi sendiri, merapikan tempat tidur, makan sendiri, mencuci piring setelah makan dan lain-lain.

Ilustrasi Anak Belajar Membaca © Diadona

3 dari 3 halaman

Metode ini ditujukan untuk pendidikan tertentu yang mana bisa dipilih anak sesuai dengan kegemarannya serta juga disesuaikan dengan usianya. Ada lima area belajar utama dari metode montessori yaitu latihan dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran melalui panca indra, bahasa, dunia sekitar dan juga matematika.

Meski anak bebas bereksplorasi, tetapi ada beberapa ketentuan misalnya anak berada di ruangan yang aman, bersih dan mendukung dia untuk bereksplorasi. Anak pun bebas belajar apa saja dengan teratur di mana dia boleh berkreasi dengan berbagai peralatan yang ada di kelas dengan bergantian dengan temannya.

Yang unik, metode montessori ini pun tak hanya diterapkan di sekolah saja tetapi juga di rumah. Anak pun akan lebih menikmati setiap proses belajar di masa pertumbuhannya dengan metode yang menyenangkan dan tidak terlalu mengekangnya. Gimana menurut Mom metode montessori ini?

Beri Komentar