Barengan Terus Kayak Baru Jadian, Kenapa Kita Selalu Pipis Setiap Mau BAB Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 25 Mei 2022 17:03
Barengan Terus Kayak Baru Jadian, Kenapa Kita Selalu Pipis Setiap Mau BAB Ya?
Kayak nggak bisa banget dipisahin!

Buang air kecil dan buang air besar adalah salah satu rutinitas kita setiap hari. Hal ini menunjukan bahwa fungsi pencernaan dan pembuangan tubuh berjalan normal. Karena jika terganggu, maka kesehatan tubuh patut dipertanyakan. Namun, jika kita cermati, setiap kali kita akan melakukan buang air besar, kita pasti akan buang air kecil terlebih dahulu. Hal ini juga terjadi persis sebelum kita mandi. Sebenarnya, apa sih penyebab kita harus buang air kecil atau kencing sebelum melakukan kegiatan di kamar mandi?

1 dari 6 halaman

Penyebab Sering KencingPenyebab Sering Kencing © 2020 shutterstock.com/gpointstudio

Secara alami, sebelum kita buang air besar, pasti akan selalu diawali dengan air kecil. Namun menarik juga untuk menyadari bahwa kamu bisa buang air kecil tanpa harus buang air besar. Dilansir dari Scoop Whoop, sebenarnya terdapat alasan sederhana yang menyebabkan ini.

Dalam tubuh, terdapat sejumlah otot dan jaringan yang mengatur sistem pencernaan dan pembuangan pada diri kita. Baik saluran kencing dan anus sebenarnya memiliki sphincer baik internal dan eksternal yang mengatur jaringan buang air ini.

2 dari 6 halaman

Jaringan otot di saluran kemih dan anus ini ada yang memiliki hubungan satu sama lain dan ada yang bekerja secara sendiri-sendiri. Selain itu, terdapat ukuran otot yang berbeda juga sehingga satu hal dapat mempengaruhi hal lainnya sedangkan yang satunya tidak.

Otot eksternal yang kita longgarkan ketika kencing memiliki bentuk lebih kecil dan lebih mudah bergerak sendiri dibanding otot yang dilonggarkan ketika buang air besar. oleh karen itu, ketika kencing, kamu bisa melakukannya tanpa harus buang air besar.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Buang Air BesarIlustrasi Buang Air Besar © 2020 https://www.diadona.id

Akan tetapi, hal ini tidak dapat dilakukan ketika kamu buang air besar. Ketika buang air besar, otot yang dilonggarkan lebih besar sehingga memberi tekanan pada saluran air kencing sehingga urine juga turut keluar.

Secara sederhana, mengapa kita kencing ketika buang air besar sesungguhnya karena hubungan antar otot pada saluran pembuangan. Tekanan yang kuat ketika buang air besar menyebabkan mengapa kamu jadi buang air kecil sebelum buang air besar namun hal yang sebaliknya tidak terjadi. Selain pasti buang air kecil sebelum melakukan buang air besar, terdapat fakta lain tentang buang air besar yang sayang untuk kita lewatkan karena bisa membantu kita memahami kesehatan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan.

4 dari 6 halaman

  • Tiba-tiba mulas bukan berarti tanda masalah kesehatan

Banyak orang yang menganggap sensasi perut mulas yang muncul tiba-tiba sebagai tanda dari masalah pencernaan. Selain itu, jika sensasi ini muncul setelah makan, bisa jadi hal ini adalah tanda keracunan makanan. Padahal, anggapan ini belum tentu benar.

  • Setelah minum kopi ingin BAB

Kopi memang bisa merangsang keinginan buang air besar karena kemampuannya dalam membuat usus berkontraksi. Hal ini akan membuat kotoran akan segera bergerak ke rektum dan tubuh pun langsung mengeluarkan sinyal bagi kita untuk pergi ke toilet.

5 dari 6 halaman

  • Toilet jongkok lebih sehat untuk BAB

Anggapan ini memang benar. Meskipun toilet duduk bisa membuat kita tidak mudah merasa pegal, toilet jongkok justru bisa membantu kita buang air besar dengan lebih lancar karena akan membuat badan membentuk sudut 45 derajat yang bisa membantu mendorong kotoran keluar dengan lebih lancar.

Beri Komentar