Bagaimana Cara yang Tepat Menjemur Bayi Agar Tetap Aman?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 30 Januari 2021 08:17
Bagaimana Cara yang Tepat Menjemur Bayi Agar Tetap Aman?
Ini cara menjemur bayi yang baru lahir dengan tepat.

Salah satu hal yang umum dilakukan ibu pada bayinya yang baru lahir adalah menjemur si kecil di bawah sinar matahari terutama ketika dia selesai mandi. Bagi orang tua baru yang masih belum banyak pengalaman, mungkin ibu sedikit bingung bagaimana cara yang tepat untuk menjemur bayi.

Sebelumnya, mari kita membahas apakah memang bayi yang baru lahir ini pelu dijemur di bawah sinar matahari? Dilansir dari laman hellosehat.com (04/21), dalam Journal of the American Academy of Dermatology (JAAD), pada pertengahan abad ke-19 ditemukan fakta bahwa ternyata sinar matahari mempunyai efek terapeutik pada penyakit kelainan tulang.

1 dari 3 halaman

Kemudian, di tahun 1958, sinar matahari mulai digunakan untuk terapi bayi kuning dan ternyata hal ini bisa membantu terapi pada bayi kuning tingkat ringan. Selain itu, sinar matahari ini juga penting untuk meningkatkan vitamin D pada kulit yang dibutuhkan bayi baru lahir.

Lantas bagaimanakah cara yang tepat untuk menjemur bayi yang baru lahir ini? Pertama yang perlu ibu perhatikan adalah jemur si kecil dalam durasi waktu yang singkat. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan untuk menjemur bayi yang baru lahir ini selama 15-20 menit di bawah sinar matahari.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Menggunakan Dot © Diadona

Selain itu, perhatikan pula kapan ibu harus menjemur si kecil. Waktu untuk menjemur bayi yang dianjurkan adalah di bawah jam 10 pagi dan di atas jam 4 sore. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, radiasi sinar UVB relatif rendah dibandingkan dengan jam 10 pagi ke atas sampai jam 4 sore.

Berikutnya, ibu tak perlu melepaskan baju anak saat berjemur. Meski ada beberapa ibu yang melepaskan baju si kecil waktu berjemur, sebenarnya hal tersebut tak perlu dilakukan. Sebaliknya, IDAI menyarankan ibu untuk memakaikan bayi baju, topi dan juga tabir surya saat ia sedang berjemur di bawah sinar matahari.

3 dari 3 halaman

Untuk penggunaan tabir surya, bayi yang baru lahir hingga usianya 6 bulan tak perlu dulu memakainya. Hal ini karena bayi di bawah usia 6 bulan kulitnya masih sensitif dan mudah iritasi. Ibu bisa memakaikan tabir surya untuk anak yang sudah berusia 6 bulan ke atas.

Terakhir, bayi perlu menggunakan kacamata saat berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari bisa mempengaruhi retina mata si kecil. Oleh sebab itu perlu dipakaikan pelindung mata yang nyaman untuk anak seperti kacamata. Nah, itulah beberapa cara untuk menjemur bayi dengan aman dan nyaman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Mom.

Beri Komentar