Ternyata Ini Beberapa Manfaat Merangkak untuk Bayi

Reporter : Riza Umami
Kamis, 28 Januari 2021 08:17
Ternyata Ini Beberapa Manfaat Merangkak untuk Bayi
Manfaat merangkak untuk bayi.

Merangkak adalah salah satu fase yang akan dialami oleh bayi sebelum dia belajar berjalan. Tahapan yang satu ini biasanya akan mulai dilalui oleh bayi pada usia delapan bulan setelah si kecil bisa duduk. Kalau anak Mom mulai merangkak pada usia berapa?

Dilansir dari laman klikdokter.com, merangkak adalah peralihan di antara fase duduk dan berdiri. Walaupun tak semua bayi mengalaminya, ada pula yang langsung belajar berdiri lalu berjalan setelah ia bisa duduk. Meski begitu, sebenarnya tahap yang satu ini menyimpan banyak manfaat untuk si kecil.

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Manfaat yang pertama yaitu bayi jadi mempunyai cara baru untuk berinteraksi dengan ibunya. Saat anak sudah bisa merangkak, terkadang Mom akan memanggilnya dari jarak yang cukup jauh sehingga si kecil pun akan segera mendatangi ibu. Selain itu, Mom juga bisa bermain kejar-kejaran dengan si kecil yang merangkak.

Berikutnya, merangkak ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan eksplorasi bayi. Ketika buah hati sudah bisa merangkak, biasanya dia jadi lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan sekitarnya sehingga anak pun dapat menjangkau beberapa benda yang ada di sekelilingnya.

2 dari 3 halaman

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Hal ini pun akan meningkatkan kemampuan persepsi kedalaman visual anak sehingga ia pun bisa membedakan mana benda yang jauh dan juga dekat dengannya. Bayi pun mulai mempelajari struktur dan bentuk beberapa benda yang dia lihat atau pegang.

Selain itu, bayi pun mulai belajar bagaimana cara menavigasi lingkungannya. Karena sudah bisa merangkak, bayi pun dapat berkeliling rumah sehingga hal ini pun akan meningkatkan kemampuannya untuk menavigasi lingkungannya tersebut.

3 dari 3 halaman

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Dia akan mulai mengenali beberapa ruangan dan barang apa saja yang ada di dalamnya seperti di mana letak kursi, sofa, lemari, tempat tidur dan lain sebagainya. Anak secara tak langsung mulai hafal rumahnya sendiri.

Terakhir, bayi pun belajar untuk membuat keputusan. Ketika dia merangkak, dia akan membuat keputusan untuk mengambil benda yang ada di sebelah sana atau yang berada dekat dengan ibunya. Bayi pun bebas memilih pilihannya untuk pergi ke arah ruang tamu atau ruang televisi. Keputusan-keputusan kecil seperti ini mulai diambil bayi ketika ia bisa merangkak.

Wah, ternyata banyak juga ya Mom manfaat dari merangkak ini untuk si kecil. Oleh sebab itu, merangkak ini tentu merupakan salah satu fase penting untuk perkembangan anak. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar