Anak Punya Bahasa Cinta yang Beda-Beda, Ayo Kenali agar Kalian Bisa Lebih Dekat Moms!

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 20 Mei 2020 04:45
Anak Punya Bahasa Cinta  yang Beda-Beda, Ayo Kenali agar Kalian Bisa Lebih Dekat Moms!
Mengerti bahasa cinta anak adalah hal yang penting, untuk makin mengerti bagaimana cara penyampaian rasa sayang yang tepat pada anak.

Berikut ini rincian cara kerja setiap bahasa cinta:

1. Kata-Kata Penegasan

Ilustrasi Ibu dan Anak

Ini adalah saat anak ingin mengonfirmasikan bahwa mereka dibutuhkan dan diinginkan. Dengan anak-anak, ada banyak cara untuk memenuhinya. Seperti mengatakan terima kasih ketika mereka melakukan sesuatu untukmu, memuji mereka dan mengatakan kamu senang melihat mereka, itu adalah cara mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

1 dari 5 halaman

2. Menerima Hadiah

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Bukan rahasia lagi ya, kalau anak-anak suka hadiah, tetapi beberapa di antara mereka bahkan lebih menyukainya daripada yang lain. Jika ini membuatmu khawatir, cobalah untuk tidak menganggap bahwa itu adalah sebuah keserakahan. Ini bisa berarti hal-hal sederhana dapat membuat mereka merasa dicintai, seperti catatan tulisan tangan di tas makan siang mereka, menerima stiker atau membukus coklat kesukaan mereka dengan kertas kadi dan pita. Usaha kecil dan bermakna sangat bermanfaat.

2 dari 5 halaman

3. Tindakan Pelayanan

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Bagi sebagian orang, tindakan dianggap lebih ampuh daripada kata-kata. Anak-anak tipe ini menghargai ketika hal-hal baik dilakukan untuk mereka karena cinta, bukan kewajiban. Misalnya, kamu dapat membantu anak dengan pekerjaan rumah, mengerjakan tugas dengan mereka atau bahkan memutuskan untuk memilih dongeng malam mereka.

3 dari 5 halaman

4. Waktu Berkualitas

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Waktu berkualitas berarti bersama seseorang tanpa gangguan. Hal-hal mudah, seperti meletakkan teleponmu sejenak dan meluangkan waktu tatap muka, berjalan jauh. Kenali anak dan bicarakan hari-hari kalian masing-masing. Jika mereka tidak mau bicara, mainkan game saja. Perhatian penuh dari orang tua yang tidak terbagi adalah yang mereka cari.

4 dari 5 halaman

5. Sentuhan Fisik

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kamu mungkin sudah memiliki ide apakah ini adalah saluran kasih sayang dominan pada anak atau tidak. Misal pelukan, ciuman, dan tepukan di punggung adalah cara mudah untuk meyakinkan anak-anak tentang cintamu. Bila pantas, sentuhan yang penuh kasih dapat menunjukkan kenyamanan, kehangatan, dan kepastian.

5 dari 5 halaman

Cara lain untuk menentukan bahasa cinta anak, adalah dengan memberi mereka pilihan saat memutuskan apa yang harus dilakukan bersama. Misalnya, tanyakan apakah mereka lebih suka pergi ke mall dan membeli sesuatu yang mereka butuhka,n atau membantumu membuat makan malam. Setiap opsi harus diterapkan pada cara menghubungkan yang berbeda sehingga pilihan mereka dapat memberikan wawasan tentang bahasa cinta pilihan mereka. Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar