Anak Gak Suka Sayur? Ini 5 Tips Membiasakan Mereka Makan Sehat

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 2 Desember 2020 07:37
Anak Gak Suka Sayur? Ini 5 Tips Membiasakan Mereka Makan Sehat
Sayur bisa menjadi musuh terbesar sebagian anak. Yuk, ikuti tips ini!

Sayur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh anak. Namun sayangnya masih banyak anak yang nggak suka dengan jenis makanan ini.

Jika dibandingkan dengan makanan manis atau kue yang cenderung lebih disukai anak, sayuran mungkin bisa disebut kurang menarik bagi anak-anak. Padahal sayur adalah jenis makanan sehat yang dibutuhkan oleh anak-anak di masa pertumbuhan.

Sebagai orang tua kita tentu ingin anak terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa trik membiasakan anak makan sehat yang bisa dicoba.

1 dari 5 halaman

Menjadi contoh bagi anak

Makan Malam © Diadona

Anak-anak senang meniru apa yang kita lakukan. Jika kita menunjukkan hal yang nggak benar pada anak, maka mereka akan menirunya.

Maka dari itu, penting untuk mengajari anak dengan memberi contoh. Termasuk dengan selalu menunjukkan pola hidup sehat serta konsumsi makanan yang sehat agar mereka juga ikut meniru kebiasaan kita.

2 dari 5 halaman

Mengajak anak membantu memasak

anak memasak © Diadona

Kita bisa mengajak anak memasak dan menyiapkan makanan di meja makan. Hal ini akan membuat mereka lebih senang memakan makanan yang telah mereka bantu persiapkan.

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus mengajarkan anak untuk mandiri. Mereka akan lebih menghargai sesuatu yang telah mereka buat sendiri.

3 dari 5 halaman

Menjaga waktu ngemil

Ilustrasi Anak Makan Camilan © Diadona

Kita mungkin menjaga agar makanan yang dimakan anak tetap sehat. Namun terkadang camilan yang dimakan anak justu sangat nggak sehat.

Untuk itu, kita harus mengurangi konsumsi camilan nggak sehat. Kita bisa menggantinya dengan camilan sehat yang dibuat sendiri di rumah.

4 dari 5 halaman

Keseimbangan

Ilustrasi Anak Makan Camilan © Diadona

Nggak masalah memberikan anak makanan atau camilan seperti es krim dan keripik. Kita nggak perlu terlalu ketat dan paranoid dengan makanan dari luar.

Jangan sampai kita menghilangkan kesenangan kecil ini dari anak-anak. Seimbangkan dengan memberi makanan sehat.

5 dari 5 halaman

Bersabar

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Di masa pertumbuhan dan perkembangan mereka, anak masih mencari tahu pola dan selera mereka sendiri. Anak mungkin nggak menyukai sesuatu pada awalnya, tapi bisa mengembangkan rasa suka di kemudian hari.

Jadi sebagai orang tua, kita harus bersabar saat bereksperimen dengan makanan baru. Tetap sajikan makanan sehat sampai anak secara alami mulai terbiasa dengan hal itu.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

 

Beri Komentar