Cara Mengatasi Anak yang Suka Ngacak-Ngacak Rumah

Reporter : Riza Umami
Senin, 30 November 2020 17:17
Cara Mengatasi Anak yang Suka Ngacak-Ngacak Rumah
Gimana ya caranya?

Anak yang masih kecil biasanya memang suka bikin rumah berantakan. Mereka mudah tertarik pada benda-benda yang ada di sekitarnya, suka menaruh berbagai mainannya di mana-mana, mengacak-acak gulungan tisu, menjatuhkan makanan ke lantai dan lain sebagainya.

Ada pula anak yang suka coret-coret di tembok dan berbagai hal lain yang bikin rumah berantakan. Anak tentu tak bermaksud untuk bikin ibunya jengkel dengan membuat rumah jadi berantakan, tetapi hal ini memang salah satu proses belajar dan bermain anak yang normal untuk mereka lakukan.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, ada beberapa hal yang bisa Mom lakukan untuk menyiasati si kecil yang suka berantakin isi rumah agar ibu atau pengasuh pun tak perlu bekerja ekstra dalam menjaga anak dan juga masih harus bersih-bersih rumah terus.

Ilustrasi Anak Acak-Acak Rumah © Diadona

Bila anak suka main tisu gulungan, ibu bisa memberikan anak tisu khusus untuk dia acak-acak misalnya ibu ngasih si kecil tisu yang udah tinggal setengah atau kurang dari itu. Tegaskan pada anak kalau ia hanya boleh main tisu tersebut dan tak boleh ngacak-ngacak yang ada di kamar mandi. Ibu pun bisa menggulung tisu itu lagi ketika anak sudah bosan memainkannya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya, jika anak suka menyebarkan mainannya di mana-mana, ibu harus membiasakan anak meletakkan mainannya kembali ke tempatnya bila sudah selesai digunakan. Mungkin di awal anak susah diajari tetapi lama-lama dia pun akan terbiasa menaruh mainannya ini di tempatnya semula. Yang terpenting ibu perlu tegas dalam menerapkan peraturan tersebut pada anak.

Terakhir, kalau anak suka coret-coret di dinding, ada baiknya ibu memang memberikan ruang bagi anak di mana dia bisa coret-coret sepuas hatinya. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan anak buku bergambar dengan pensil berwarna di mana dia bisa coret-coret sesuka hati atau bisa juga dengan melapisi beberapa bagian tembok yang suka dicoreti oleh anak dengan kertas sesuai dengan tinggi si kecil.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Mom lakukan bila anak suka berantakin rumah. Semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar