8 Nama-nama Surga, Tingkatan, Serta Siapa Saja yang Berhak Menghuninya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 20 November 2021 12:35
8 Nama-nama Surga, Tingkatan, Serta Siapa Saja yang Berhak Menghuninya
Nama nama surga terbagi menjadi tingkatan serta amalan apa saja yang dlakukan untuk meraihnya

Salah satu tanda keimanan seorang muslim adalah percaya pada datangnya hari akhir. Setelah hari tersebut, surag menjadi tempat beristirahat bagi orang-orang baik setelah meninggal, sementara neraka bertindak sebaliknya. Al-Quran sendiri menggambarkan surga sebagai 'taman kesenangan', di mana orang-orang yang melakukan kebaikan semasa hidupnya akan tinggal di sana selamanya.

Dikutip dari The Quran Recital, Al Quran memiliki banyak ayat yang menggambarkan kemewahan serta indahnya surga yang ditujukan kepada penghuninya. Beberapa diantaranya adalah:

"Dan apabila engkau melihat (keadaan) di sana (surga), niscaya engkau akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar," (Al-Insan ayat 20)

 

1 dari 5 halaman

Nama Nama SurgaNama Nama Surga © 2021 frank mckenna on Unsplash

Disebutkan dalam hadist shahih bahwa Rasulullah pernah berkata " Dikatakan, 'Hai penghuni surga, sesungguhnya kamu akan hidup dan kamu tidak akan pernah mati. Kamu akan tetap muda dan kamu tidak akan pernah menjadi tua. Kamu akan tetap sehat dan tidak akan pernah sakit. Kamu akan bahagia dantidak akan pernah bersedih.'

Sesungguhnya surga bukanlah suatu taman di mana setiap jiwa yang mendapatkannya berada di sana bersama-sama. Surga memiliki tingkatan yang berbeda sesuai dengan jenis dan kualitas perbuatan baik yang dilakukan dan diterima.

Al Quran dan hadist menyebutkan nama-nama surga, diantaranya:

2 dari 5 halaman

Nama Nama SurgaNama Nama Surga © 2021 Danist Soh on Unsplash

Surga Adn

Surga Adn, surga yang paling tinggi diantara nama nama surga lainnya Dalam tafsir al-Tsa‘labi yang dikemukakan al-Ahswash ibn Hakim, surga Adn merupakan sebuah kota yang terbuat dari permata putih yang menyilaukan mata. Surga Adn tidak pernah diperlihatkan kepada satu nabi atau malaikatpun.

Surga Adn dijanjikan Allah kepada para nabi ulul ‘azmi, para syuhada, para pemimpin yang adil, dan para mujahidin karena merekalah yang unggul dalam segalanya.

Surga al-Ma'wa

Ibn 'Abbs berpendapat, surga al-ma'wa memiliki arti tempat berlindung, karena merupakan tempat berlindungnya ruh para syuhada dan ruh orang mukmin. Surga Ma'wa ada di dekat Sidratal Muntaha tepatnya di sebelah kanan.

Siapakah yang berhak masuk ke dalamnya?

Allah menyebutnya dalam Al-Quran bahwa ada beberapa golongan yang bisa merasakan kenikmatan surga ini, yakni:

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka

Menurut tafsir, ayat tersebut menerangkan tanda-tanda lain orang beriman yakni mereka yang mengurangi tidur, yang sering bangun di tengah malam untuk berdoa dan memohon ampunan dan yang menginfakkan rezekinya di jalan Allah.

" Serupa dengan para penghuni surga lainnya, surga ini juga dijanjikan bagi para hamba yang takut saat menghadap Tuhannya. Hanya saja ditambahkan dengan menahan hawa nafsu, Adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya tempat tinggalnya adalah surga Ma’wa, " (QS al-Nazi‘at [79]: 40-41).

3 dari 5 halaman

Nama Nama SurgaNama Nama Surga © 2021 Pixabay

Surga Firdaus

Termasuk menjadi salah satu nama nama surga yang paling banyak diingat orang. Tempat ini disebut dengan surga firdaus karena dikelilingi oleh banyak pohon, terutama pohon anggur. Pendapat lain menyebut firdaus berarti lembah yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan.

Ada riwayat yang menyebuat bahwa diantara nama nama surga lainnya, surag Firdaus merupakan yang paling tinggi. Berikut bunyinya menurut tafsir al-Maturidi.

“ Sesungguhnya surga itu memiliki seratus derajat. Satu derajat dengan derajat lainnya laksana antara langit dan bumi. Surga Firdaus adalah derajat yang tertinggi. Darinya memancar sungai-sungai surga yang empat. Jika kalian memohon surga, maka mohonlah surga Firdaus.”

Al-Quran telah menyebut siaa saja yang berhak menikmati indahnya surga ini, antara lain:

  • Mereka yang sholat dengan khusyuk
  • Menunaikan zakat
  • Menjauhkan diri dari perbuatan tidak bermakna
  • Menjaga kemaluannya
  • Orang yang berjuang di jalan Allah

Surga Na'im

Surga Na'im berada di antara surga Firdaus dan surga 'Adn, menurut Malik ibn Dinar dalam Tafsir Ibnu Abi Hatim. Siapa saja penghuninya disebutkan dalam hadis qudsi di bawah ini:

“ Orang-orang yang berbuat kemaksiatan. Namun, tatkala ingat kepada keagungan-Ku, mereka kemudian merasa diawasi-Ku. Tulang-tulang mereka seperti langsung mengerut karena takut kepada-Ku dan kemuliaan-Ku. Aku yang semula ingin menimpakan azab kepada para penghuni bumi, tatkala melihat orang-orang haus dan lapar (puasa) karena takut kepada-Ku, akhirnya memalingkan azab itu dari mereka.”

4 dari 5 halaman

Nama Nama SurgaNama Nama Surga © 2021 Atharva Tulsi on Unsplash

Dasar dari informasi keempat nama nama surga tersebut adalah dua ayat dalam surat Ar - Rahman, yakni ayat 46 dan ayat 62 yang berbunyi:

" Dan bagi siapa yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga." (55:46)

" Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi." (55:62)

Masih dari laman NU Online, ditafsirkan oleh Al-Samarqandi bahwa dua surga pertama dari yang disebut di surat Ar-Rahman adalah surga 'Adn dan surga Na'im, yang terbuat dari emas. Dua surga dalam nama nama surga tersebut penuh dengan pepohonan serta dau buah mata air yang mengalir di dalamnya.

Sementara itu, dua surga yang terakhir dalam nama nama surga yakni Firdaus dan Ma'wa yang terbuat dari perak, nampak hijau tua dengan dua buah mata air yang memancar.

Keempat nama nama surga dan tingkatannya itu dijanjikan kepada orang yang merasa takut saat menghadap Tuhan. Dibedakan dengan beberapa tingkat karena rasa takut tersebut juga memiliki tingkatan yang berbeda.

Untuk dua nama nama surga pertama alias yang tinggi, diperuntukkan bagi hamba yang takut banget kepada Allah. Nah untuk dua tingkatan berikutnya dibagikan kepada mereka yang ketakutannya terbatas, mereka yang diberi catatan dari sisi kanan. Dilansir dari bebrapa sumber, mereka yang dimaksud adalah orang orang yang melalui pemeriksaan amal dengan cara yang mudah dan kembali ke kaumnya dengan gembira.

Mungkin sama seperti halnya ketika kita menjalani tes satu persatu kali ya. Saat tes bisa kita lalui dengan mudah, kita akan pulang dengan gembira.

al-Baihaqi memiliki pendapat kalau masing-masing dari keempat nama nama surga tersebut mencangkup keseluruhan surga. Apa maksudnya? Jadi ketika yang disbeut adalah surga Ma'wa, maka yang dimaksud itu adalah seluruh surga.

5 dari 5 halaman

Nama Nama SurgaNama Nama Surga © 2021 Dennis Buchner on Unsplash

Tapi ulama juga sepakat kalau surga punya beberapa tingkatan dan jumlahnya lebih dari empat. Misalnya, Ibn 'Abbas yang menyebutkan sebenarnya surga punya tujuh tingkat, yakni :

Fidaus

" Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal." (QS Al-Kahfi: 107)

Adn

" Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga 'Adn. Dan keridaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung." (At Taubah ayat ke-72)

Naim

" Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan." (QS Yunus : 9)

Al - Muttaqin

" Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan. (QS Yunus : 9)"

As - Salam

" Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan." (QS Al An’am : 127)

Al - Muqamah

" Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. (QS Al An’am : 127)

Al Husna

" Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya." (QS Yunus: 26)

Darussalam

" Dan Allah menyeru (manusia) ke Darus-salam (surga), dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus (Islam)." (QS Yunus: 25

Berikut nama-nama surga dan bagaimana Allah menyebutnya dalam Al-Quran.

Wallahualam.

Beri Komentar