Tanda Tanda Hari Akhir dan Orang yang Mengimaninya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 April 2021 22:53
Tanda Tanda Hari Akhir dan Orang yang Mengimaninya
Tanda tanda hari akhir telah banyak disebut, namun tak ada yang tahu pasti kapan itu akan terjadi. Sebagai seorang muslim,kita wajib mengimaninya dengan mempersipakn diri sebaik mungkin.

Tanda tanda hari akhir memang telah banyak disebutkan dalam hadist atau tercantum dalam firman Allah di Al-Quran. Kita wajib mengimani hari akhir tersebut sebagai suatu waktu di mana seluruh manusia akan mendapatkan pembalasan dari apa yang telah dilakukannya.

Mengutip Liputan6, dalam agama Islam, hari akhir adalah hari di mana manusia dan seluruh makhluk di dunia mengalami akhir dan kematian. Diawali dengan kehancuran alam semesta dan berakhirnya seluruh kehidupan di bumi. Selanjutnya seluruh manusia akan dibangkitkan dan dihisab seluruh amal perbuatannya.

Kapankah ini akan terjadi?

Tak ada seorangpun yang mengetahui secara pasti, bahkan Rasullullah juga tidak tahu kapan hari akhir akan terjadi. Namun, ada beberapa dalil yang telah membahas mengenai tanda tanda hari akhir ini.

1 dari 4 halaman

Tanda Tanda Datangnya Hari Akhir

Tanda Tanda Hari Akhir © Diadona

Datangnya saat ini telah telah dibahas dalam satu hadist sahih yang diriwayatkan olehj Imam Muslim dalam Sahihnya dan juga diriwayatkan oleh beberapa perawi hadits serta diakui oleh para ulama. Berikut hadis mengenai tanda tanda hari akhir:

“ Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-d?bbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-J?mi’us ?a???, [Beirut, D?rul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Dalam agama islam terdapat dua jenis kiamat, yakni kiamat kubro yaitu kiamat besard i mana seluruh dunia seirinya akan mengalami kehancuran. Dan juga kiamat sugro, yakni kematian-kematian mahkluk dan merupakan kiamat kecil.

2 dari 4 halaman

Tanda Tanda Hari Akhir

Tanda Tanda Hari Akhir © Diadona

Dan tanda tanda hari akhir atau kiamat kubro antara lain:

Munculnya Kabut atau Dukhan

Yakni kabut asap tebal yang panas yang akan membakar manusia dan membuat mereka kehilangan kendali.

Kemunculan Binatang Besar

Tanda tanda hari akhir ini ada dalam firman Allah berikut:

" Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami." (QS. An Naml;82).

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj Keenam

Al-Quran menyebut bahwa keduanya adalah suku yang suka berbuat kerusakan di muka bumi. Dan kehadirannya adalah tanda tanda hari akhir.

Munculnya Dajjal

Muhammad S.A.W. bersabda: " Wahai manusia, sesungguhnya tidak ada makhluk di muka bumi ini sejak Allah menciptakan Adam sampai hari kiamat yang fitnahnya lebih besar daripada Dajjal." (HR. Muslim).

Terbitnya Matahari dari Barat

Tanda tanda hari akhir ini ada dalam firman Allah yakni“ … Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Rabb-mu tidak berguna lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau (belum) berusaha berbuat kebaikan dengan imannya itu…” [Al-An’aam: 158]

‘Hal itu terjadi ketika matahari terbit dari barat.’”[2]

Munculnya Isa bin Maryam

" Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya." (QS. Ali 'Imran;55).

Tanda tanda hari akhir lainnya yakni tiga gerhana di timur, gerhana di barat dan juga munculnya api dari Yaman yang akan mengiribng manusia ke tempat berkumpul.

3 dari 4 halaman

Tanda Tanda Seseorang Mengimani Hari Akhir

Seseorang yang beriman kepada hari akhir artinya percaya bahwa dunia, isinya dan tak terkecuali akan mengalami kehancuran. Setelah itu, setiap manusia akan meninggal akan dibangkitkan untuk dimintai pertanggung jawaban semasa mereka masih hidup,

Mereka yang beriman kepada tanda tanda hari akhir akan mempercayai bahwa setelah kehidupan ini akan ada kehidupan lainnya yang sebenarnya dan berlangsung abadi. Mengimani tanda-tanda hari akhir dan kehidupan setelahnya harus diiringi dengan iman kepada kehidupan setelah mati.

 

4 dari 4 halaman

Tanda Tanda Beriman Kepada Hari Akhir

Tanda Tanda Hari Akhir © Diadona

Mereka yang mengiman hari akhir berarti mereka yang percaya kalau segala sesuatu yang dilakukan di dunia akan menemui pembalasannya, baik itu hal baik ataupun hal buruk. Melansir Dalam Islam, ciri ciri mereka yang mengiman tanda tanda hari kahir tersebut, antara lain:

Berhati-Hati dalam Melakukan Sesuatu

Bahwa setiap hal yang dilakukan oleh manusia, baik itu baik atau buruk akan dicatat oleh malaikat pencatat amal. Dan dari perhitungan amal itulah yang akan menentukan bagaimana seseorang setelah hari akhir.

Bersemangat dalam Kebaikan

Karena mengetahui bahwa kebaikan yang dilakukan adalah salah satu hal yang bisa memberatkan timbangan amal, maka mereka yang percaya dengan tanda tanda hari akhir akan senantian bersemangat dalam mengumpulkan amal sholeh,

Sabar dan Tawakkal

Mereka yang mengimani tanda tanda hari akhir akan senantiasa ikhlas, sabar dan tawakkal dalam menjalani cobaan hidup mereka. Mereka yakin bahwa setiap manusia pasti akan diuji tanpa melebihi kemampuan hamba-Nya, dan setiap ujian yang sabar dijalani akan mengarahkan pada kebaikan dan hikmah.

Beri Komentar