17 Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Besar, Ada yang Sudah Terjadi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 4 Maret 2021 18:55
17 Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Besar, Ada yang Sudah Terjadi
Tanda-tanda kiamat kecil sudah banyak terjadi di zaman dulu, sekarang dan mungkin semakin marak di waktu yang akan datang.

Tanda-tanda kiamat kecil sebenarnya sudah terjadi di zaman Rasulullah, mulai dari zina hingga banyaknya pembunuhan. Meski begitu, hal ini nggak bisa dijadikan patokan pasti kapan kiamat besar akan terjadi karena keberadaannya yang sudah ada sejak dulu, sekarang dan akan terulang kemudian.

Tanda-tanda kiamat disebutkan dalam berbagai surat di Al Qur’an dan dikhususkan dalam surat Al Qariah. Ada juga beberapa dalil hadist mengenai kiamat. Namun terkait dengan urutan terjadinya tanda-tanda kiamat, banyak ulama yang memiliki pendapat berbeda. Bahkan Rasulullah sendir tak tahu kapan waktu itu akan datang.

Lebih lanjut mengenai tanda-tanda kiamat kecil ini yuk pantengin dulu ulasan Diadona dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kecil Hari Kiamat

Tanda-Tanda Kiamat KecilTanda-Tanda Kiamat Kecil © 2021 brookings.edu

Di agama Islam, hari kiamat terbagi menjadi dua yakni kiamat besar atau kiamat kubro yang menghancurkan seluruh dunia dan kiamat kecil yang disebut dengan kiamat sugro. Kiamat sugro merupakan berakhirnya kehidupan suatu individu atau kelompok.

Tanda-tanda kiamat kecil juga merupakan tanda akan terjadinya kiamat besar, meski hal itu masih dalam waktu yang lumayan panjang. Dikutip dari Dalam Islam, seperti ini tandanya:

Diutus dan Wafatnya Nabi Muhammad SWA

Tanda-tanda kiamat kecil ini termuat dalam hadist berikut:

(Masa) diutusnya aku dan (hari terjadinya) Kiamat seperti dua (jari) ini’.”(Anas Radhiyallahu ‘Anhu) berkata, “ Dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.” (HR. Muslim).

Ditakhlukkan Baitul Maqdis

Baitul Maqdis merupakan salah satu tempat bersejarah bagi umat Islam di Yerussalem. Penaklukkannya pernah dilakukan di masa kekhalifahan Umar bin Khatab, danmerupakan tanda-tanda kimata kecil sebagaimana yang tertuang dalam hadist berikut:

‘Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat ………’ dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya : ‘Penaklukan Baitul Maqdis’.” (HR. Al-Bukhari).

Wabah Tha’un ‘Amwas

Yakni munculnya penyakit yang menyerang hewan ternak. Dan tanda tanda kiamat kecil ini telah ada sejak di zaman kekhalifahan umar bin Khatab.

Bermunculannya Banyak Fitnah

Tanda-tanda kiamat kecil juga meliputi banyaknya fitnah dengan sasaran umat islam. Dan fitnah tersebut berasal dari arah Timur (al-masyrik), pembunuhan ‘Utsman Ra, peperangan.

Nabi Palsu

Melihat lagi ke belakang, tak sedikit lahir fenomena nabi-nabi palsu di Indonesia. Namun ternyata fenomena ini sudha berlangsung sejak masa kekhalifahan khulafaur rasyidin dan sebenarnya merupakan tanda-tanda kiamat kecil.

Semakin Banyak Orang Kaya

Bila dilihat dari sisi ekonomi,mungkin banyaknya ornag kaya merupakan tanda baiknya suatu perekonomian. Tapi ternyaa itu merupakan suatu tanda-tanda kiamat kecil sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA:

“ Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu melimpah ruah, sampai-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, dan seorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dia berkata, ‘Aku tidak memiliki keperluan terhadapnya’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Api Hijaz

Dikutip dari Republika, api hijaz merupakan api dari dari kawasan Madinah yang cahayanya bisa smpai terlihat di kota Busra yang ada di Suriah. Kemunculan api ini merupakan tanda-tanda kimata kecil dan telah terjadi pada abad ke-7 Hijriyah lalu.

Merebaknya Riba

Karena membawa kerugian yang tinggi bagi umat, maka praktek riba diharamkan. Namun seperti yangd iriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu rasul bersabda:

“ Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh”

Banyaknya Zina

Di amsa sekarang ini, zina memangs udah bukanlah hal yang baru lgagi. Meski salah, beberapa orang menganggap hal ini biasa dilakukan. Dan sebenarnya ini merupakan tanda-tanda kiamat kecil.

Praktek menghiasi masjid, semakin membludaknya minuman keras, waktu yang terasa makin singkat serta banyaknya kebodohan dan makin punahnya ilmu juga merupakan tanda-tanda kiamat kecil yang keberadaanya semakin nyata.

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam

Tanda-Tanda Kiamat KecilTanda-Tanda Kiamat Kecil © 2021 JP/Dhoni Setiawan

Dan kiamat kubro terjadi ketika seluruh dunia telah hancur dan merupakan akhir dari zaman. Tanda tanda kiamat besar ini meliputi:

Munculnya Kabut atau Dukhan

Yaitu kabut asap tebal yang panas yang akan membakar manusia dan membuat mereka kehilangan kendali.

Binatang Besar

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an yang memiliki arti:

" Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami." (QS. An Naml;82).

Terbitnya Matahari dari Barat

Di saat ini matahari akan terbit dari barat.

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj Keenam

Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku yang muncul dan sebagai tanda-tanda kiamat. Kedua makhkuk ini banyak diceritakan dalam Al-Quran sebagaia makluk yang berbuat kerusakan di muka bumi.

Kemuculan Isa bin Maryam

Tanda-tanda kiamat ini berdasarkan Firman Allah : " Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya." (QS. Ali 'Imran;55).

Munculnya Gerhana di Barat

Akan ada gerhana di Jazirah Arab dan ini jadi tanda akan terjadinya kiamat.

Tiga Gerhana di Timur

Menjelang hari kiamat nanti akan ada gerhana bulan dari arah Timur, di arah Barat dan Tengah yaitu Jazirah Arab

Munculnya Dajjal

Kemunculan Dajjal sebagai tanda tanda kiamat ini berdasarkan pada sabda Nabi Muhammad " " Wahai manusia, sesungguhnya tidak ada makhluk di muka bumi ini sejak Allah menciptakan Adam sampai hari kiamat yang fitnahnya lebih besar daripada Dajjal." (HR. Muslim).

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kiamat Kecil yang Sudah Terjadi

Tanda-Tanda Kiamat KecilTanda-Tanda Kiamat Kecil © 2021 tetratech.com


Tanda-tanda kiamat kecil yang udah Diadona bahas di bagian awal artikel sebenarnya sudah terjadi dan akan terus berlangsung. Sayangnya, nggak ada yang tahu kapan sejatinya kiamat akan datang, bahkan Rasulullah sendiri.

Dan mungkin tanda-tanda kiamat kecil tersebut akan semakin parah seiring dengan zaman. Sudah siapkah imanmu?

Beri Komentar