7 Cara Mengajarkan Anak Agar Rajin Menggosok Gigi, Latih Sejak Dini Yuk Moms

Reporter : Kurnia
Jumat, 19 November 2021 15:05
7 Cara Mengajarkan Anak Agar Rajin Menggosok Gigi, Latih Sejak Dini Yuk Moms
Sebenarnya mudah kok, Moms

Moms pasti sering merasa kebingungan saat anak-anak susah menyikat giginya. Sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil, menggosok gigi terkadang menjadi masalah sepela yang berakibat fatal loh, Moms.

Saat anak-anak jarang menggosok gigi, berbagai masalah dalam gigi dan mulut bisa datang kapan saja. Akibatnya, sakit gigi, gusi, hingga saraf pun bisa terjadi karena tidak ada perawatan. Lantas, bagaimana sih cara mengajarkan anak-anak mereka bisa lebih rajin menggosok gigi?

Dikutip dari verywellfamily.com, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Moms gunakan untuk mengajarka anak-anak agar mereka lebih rajin menggosok gigi tanpa paksaan.

Pastikan Moms melatihnya sejak dini dan lakukan secara perlahan agar si kecil tidak merasa terbebani dan merasa tertekan.

1 dari 6 halaman

Sikat gigi bersama saat malam hari

Anak kecil suka meniru perilaku orang dewasa. Dengan mengajak anak-anak melakukan hal-hal yang perlu Moms ajarkan secara bersama akan mempermudah prosesnya. Termasuk mengajak sikat gigi bersama saat malam hari.

2 dari 6 halaman

Ikuti keinginan mereka

Sikat gigi bersama anakSikat gigi bersama anak © Shutterstock.com

Jika anak-anak hanya menginginkan pasta gigi rasa permen karet, jangan memaksakan anak-anak untuk menggosok gigi dengan pasti gigi rasa mint. Pastikan Moms mengikuti keinginan anak-anak yang membuat mereka tetap menyikat gigi.

3 dari 6 halaman

Lakukan percobaan ilmu rongga

Banyak anak belajar paling baik ketika mereka memiliki contoh visual, jadi mungkin membantu untuk menunjukkan kepada anak-anak apa yang terjadi pada gigi mereka ketika mereka makan, dan kemudian ketika mereka tidak menyikat. 

4 dari 6 halaman

Tawarkan banyak pilihan

Sikat gigi bersama anakSikat gigi bersama anak © Shutterstock.com

Jangan memaksakan, berikan pilihan dan tanyakan apakah mereka ingin menyikatnya sebelum atau sesudah mereka berpakaian di pagi hari. Ini akan membuat anak-anak merasa memegang kendali tanpa membiarkan anak-anak lolos dan tidak menyikat giginya. 

5 dari 6 halaman

Lakukan dengan permainan

Anak-anak kecil akan suka menyikat gigi boneka dan boneka binatang favorit mereka, jadi beri mereka sikat gigi yang mereka sukai dan biarkan mereka bermain peran sebagai dokter gigi.

Dengan begitu, Moms bisa melihat apakah mereka dapat menjelaskan kepada mainan mereka mengapa menyikat gigi sangat penting.

6 dari 6 halaman

Bergantian

Biarkan si kecil menyikat giginya sendiri terlebih dahulu, lalu beri tahu mereka bahwa giliran Moms. Anak-anak di bawah enam tahun tidak memiliki keterampilan motorik untuk dapat menyikat secara efektif, sehingga mereka membutuhkan orang dewasa untuk menyikatnya. 

Tetapi memberi mereka kesempatan untuk melakukannya terlebih dahulu membantu mereka belajar dan berlatih.

Beri Komentar