Jangan Sembarang Moms, Ini Cara Memilih Dokter Kandungan yang Tepat!

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 17 November 2021 11:57
Jangan Sembarang Moms, Ini Cara Memilih Dokter Kandungan yang Tepat!
Simak cara berikut ya.

Dokter kandungan adalah dokter yang mendalami kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter yang sering juga disebut sebagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) inilah yang utamanya berperan dalam membantu memeriksa ibu hamil, membantu persalinan, dan perawatan setelah persalinan.

Meski sebenarnya beragam kondisi dan penyakit yang memengaruhi sistem reproduksi wanita seperti masalah kesuburan, payudara, menopause, keguguran berulang dan penggunaan alat kontrasepsi, juga bisa ditangani oleh dokter kandungan.

1 dari 4 halaman

Pasien Sering Malu

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Membicarakan dan memeriksakan sistem reproduksi kadang membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Tak heran menemui dokter kandungan membuat pasien merasa gugup atau malu.

Padahal di luar masa kehamilan, memeriksakan organ reproduksi secara teratur sesuai kebutuhan menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi.

2 dari 4 halaman

Panduan Memilih Dokter Kandungan

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi panduan untuk memilih dokter kandungan:

  • Mencari referensi
    Wajar kalau Moms tidak ingin sembarang orang menyentuh bagian paling pribadi dari tubuh. Oleh karena itu, temukan dokter yang bisa dipercaya. Sebagian wanita mungkin merasa lebih nyaman jika diperiksa oleh dokter wanita dibanding laki-laki. Beberapa pasien juga hanya merasa cocok dengan karakter dokter tertentu.
  • Riwayat kesehatan
    Kalau Moms memiliki penyakit kronis seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes atau komplikasi lain yang memerlukan penanganan khusus, maka sebaiknya carilah dokter yang memiliki pengalaman dalam menangani penyakit serupa.
  • Memilih Dokter = Memilih Rumah Sakit
    Dokter kandungan bisa saja membuka praktik di rumah sakit, klinik, atau di tempat praktik pribadi. Tapi, pada umumnya dokter kandungan menjalankan praktik di rumah sakit tertentu. Sehingga saat Moms memilih dokter kandungan, berarti Moms juga memilih rumah sakit tempat menjalankan pemeriksaan laboratorium hingga prosedur besar seperti persalinan. Jadi pastikan rumah sakit yang dipilih juga sesuai dengan kebutuhan ya.
  • Cek Kenyamanan
    Untuk mengetahui hal ini, Moms harus menanyakan hal-hal ini pada diri sendiri: Apakah Moms merasa nyaman dan mudah untuk mengajukan pertanyaan Apakah dokter memberikan penjelasan yang Anda butuhkan?, Apakah dokter kandungan tersebut mendengarkan dan menghargai kebutuhan serta harapan Moms?, Apakah dokter tersebut bisa dengan mudah ditemui sesuai kebutuhan Moms?

3 dari 4 halaman

Kapan Memeriksakan Diri ke Dokter Kandungan?

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Kamu tidak perlu menunggu hamil untuk memeriksakan kesehatan reproduksi. Para ahli menyarankan remaja wanita berusia 13 - 15 tahun, atau mereka yang sudah aktif secara seksual untuk memeriksakan diri pada obgyn secara berkala.

Pemeriksaan oleh dokter kandungan umumnya dilakukan setahun sekali. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk menanyakan berbagai hal yang mungkin mengganggu seperti menstruasi yang tidak teratur, masalah seks, dan kesehatan reproduksi, hingga layanan vaksinasi untuk pencegahan kanker serviks.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar