Moms Jadi Pelupa saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 19 November 2021 11:57
Moms Jadi Pelupa saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!
Jangan khawatir ya Moms.

Saat hamil, Moms jadi sering pelupa? Ternyata hal itu adalah gejala yang wajar dan biasa disebut dengan istilah momnesia atau pregnancy brain.

Kondisi itu hal yang umum dialami wanita hamil. Menurut Melissa Dugan-Kim, MD, instruktur klinis di Departemen Obstetri dan Ginekologi, Northwestern Memorial Hospital, Chicago, sebanyak 25% wanita yang hamil dan pasca melahirkan jadi sedikit pelupa.

1 dari 4 halaman

Bukan Sekadar Mitos Belaka

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Pernyataan Melissa itu diperkuat dengan studi yang dilakukan Deakin University. Kondisi yang sering disebut mitos ini ternyata benar adanya.

Tim peneliti menemukan kalau ada penurunan signifikan pada fungsi kognitif, memori, dan fungsi eksekutif pada ibu hamil, terutama di tiga bulan terakhir kehamilannya.

2 dari 4 halaman

Penyebab Pelupa saat Hamil

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Beberapa penelitian menemukan bahwa sebagian ibu hamil mengalami penyusutan area tertentu pada otak, yang menyebabkan kapasitas memorinya jadi menurun. Area otak ini berkaitan dengan kemampuan memproses ingatan.

Selain itu, kondisi mudah lupa saat hamil juga dipengaruhi hal-hal seperti:

  • Mual dan muntah pada awal kehamilan menyebabkan fisik ibu hamil lemas, sehingga susah berkonsentrasi atau mengingat sesuatu.
  • Susah tidur atau stres yang menyebabkan penurunan daya ingat.
  • Perubahan hormon yang terjadi saat hamil yang menyebabkan penurunan kinerja otak, sehingga menghambat proses mengingat.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Mudah Lupa saat Hamil

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, Moms bisa mengantisipasi kondisi mudah lupa saat hamil dengan beberapa tips ini:

  • Tidur Cukup
    Moms disarankan untuk tidur sekitar 8-9 jam setiap malam. Tidur yang cukup dan berkualitas bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

  • Olahraga secara Teratur
    Tidak hanya untuk kebugaran, olahraga juga bisa memperbaiki daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi. Beberapa jenis olahraga yang dapat Bumil lakukan antara lain senam hamil, yoga, pilates, atau berenang.
  • Mencatat Kegiatan Sehari-hari
    Untuk mengantisipasi kondisi mudah lupa, Moms bisa membuat catatan tentang semua hal yang ingin dilakukan pada hari itu, lalu beri tanda bila hal tersebut sudah selesai dilakukan. Selain itu, Moms juga bisa mulai membentuk kebiasaan untuk meletakkan benda di tempat yang sama. Dengan demikian, Moms akan selalu ingat di mana benda tersebut berada ketika akan digunakan.

Beri Komentar