5 Jenis Permainan Ini Bisa Ajarkan Anak Life Skill yang Penting

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 6 Januari 2021 07:37
5 Jenis Permainan Ini Bisa Ajarkan Anak Life Skill yang Penting
Anak bisa belajar kemampuan yang penting dalam hidup melalui bermain.

Mengajarkan anak tentang life skill atau kemampuan dalam hidup sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua. Ingat, kita adalah guru pertama dalam kehidupan anak.

Kembali mengingat peran tersebut tentu membuat kita harus menemukan cara yang tepat untuk mendidik anak dan membesarkan mereka sebagai pribadi yang baik di masa depan. Selama ini, banyak inovasi dan cara yang telah ditemukan banyak orang tua untuk mendidik anak dengan lebih baik.

Dilansir dari Mom.com, kita bisa mengajarkan anak beberapa life skill penting melalui kegiatan bermain. Faktanya, setiap kali anak-anak bermain, mereka sebenarnya mempelajari sesuatu.

Kita bisa mendorong anak untuk belajar lebih banyak dengan menyediakan berbagai mainan dan materi untuk meningkatkan manfaat dari kegiatan bermain yang dilakukannya. Berikut beberapa jenis permainan yang bisa kita coba.

1 dari 5 halaman

Bermain pasir dan air

ilustrasi anak bermain © Diadona

Bermain pasir dan air sangat penting untuk mengenalkan anak pada sains dan matematika. Mereka bisa belajar tentang berbagai jenis bentuk seperti cairan dan benda padat.

Selain itu, anak bisa mulai memahami cara pengukuran dengan cangkir dan mainan lain. Melalui permainan ini, mereka bisa mengembangkan keterampilan motorik halus.

2 dari 5 halaman

Boneka

ilustrasi anak bermain © Diadona

Mainan yang mendorong anak untuk memainkan peran bisa membantu meningkatkan imajinasi mereka. Nggak hanya itu, anak juga belajar bagaimana berinteraksi dengan dunia nyata.

Boneka bisa menjadi salah satu mainan yang tepat untuk mewujudkna hal itu. Lagi pula, siapa sih yang nggak suka dengan boneka yang menggemaskan?

3 dari 5 halaman

Bermain dengan kostum

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Banyak anak suka berdandan dengan menggunakan kostum karena kegiatan itu memberi mereka kesempatan untuk berpura-pura menjadi orang lain. Menggunakan kostum pangeran atau putri, pahlawan super, hingga binatang memberi anak kesempatan untuk melenturkan imajinasi mereka.

Bahkan hal in juga bisa membantu menciptakan cerita yang meyakinkan. Permainan ini juga bisa membantu anak mencoba peran orang dewasa dan bermimpi tentang masa depan.

4 dari 5 halaman

Bermain bola

ilustrasi anak bermain © Diadona

Rasanya hampir setiap anak punya bola di dalam keranjang mainan mereka. Bermain bola dan permainan olahraga lainnya membantu anak untuk mengembangkan koordinasi.

Selain itu hal ini juga akan mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar serta kekuatan dan kelenturan. Apalagi jika anak bermain dengan teman-temannya, mereka akan belajar tentang berbagi, kerja tim, dan sportivitas.

5 dari 5 halaman

Mainan musik

Anak Cici Panda © Diadona

Mainan musik sangat bagus untuk mengajari anak-anak tentang ritme dan pendengaran. Kita bisa mengenalkan anak pada musik dan alat musik sejak dini.

Kegiatan ini akan membantu mengembangkan semua jenis keterampilan yang akan membantu anak di masa depan. Selain itu, kreativitas anak juga akan semakin terasah.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar