5 Tanda Kita Sudah Jadi Orang Tua yang Baik untuk Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 3 Januari 2021 07:37
5 Tanda Kita Sudah Jadi Orang Tua yang Baik untuk Anak
Yuk, ketahui tanda-tandanya!

Menjadi orang tua yang baik adalah impian dari semua orang. Setiap orang tua punya cara mereka masing-masing untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya.

Semua tentu punya tujuan yang sama yaitu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak dan membuat mereka bahagia. Nggak ketinggalan, kita juga harus mengajarkan tentang kehidupan agar anak bisa memiliki kebiasan baik yang dibawa hingga ke masa depan.

Banyak orang tua telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam membesarkan anak-anak mereka. Dilansir dari Bright Side, berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kita telah berhasil menjadi orang tua yang baik untuk anak.

1 dari 5 halaman

Menanamkan komunikasi dua arah

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Menurut penelitian di MIT dan Harvard, sangat penting bagi orang tua untuk melakukan komunikasi dua arah dengan anak-anak mereka. Salah satu cara paling sederhana namun punya banyak makna adalah dengan menatap mata anak secara langsung saat kita sedang bicara dengannya.

Tindakan ini akan membuat anak merasa bahwa kita siap mendengarkan mereka. Selain itu, kita juga sekaligus bisa memberikan motivasi pada anak agar mau berbicara dengan kita.

2 dari 5 halaman

Cukup rendah hati untuk minta maaf

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Pertengkaran merupakan hal yang cukup umum terjadi antara anak dan orang tua. Namun, penting bagi kita untuk memahami tentang giliran meminta maaf.

Meskipun mungkin sulit bagi kita untuk mengakui kesalahan dan menjelaskan pada anak, namun kita harus tetap membiasakan hal ini. Selain mengajari anak tentang ketulusan dan keterbukaan, kita juga akan mengajak mereka untuk melakukan hal yang sama saat melakukan kesalahan yaitu meminta maaf.

3 dari 5 halaman

Mengajak anak bermimpi

ilustrasi keluarga © Diadona

Walt Disney pernah mengatakan sebuah ungkapan tentang mimpi yaitu, " Jika kamu bisa memimpikannya, kamu bisa melakukannya" . Sebagai orang tua, penting untuk mendorong anak untuk bermimpi dan punya ambisi.

Tapi yang lebih penting lagi adalah menunjukkan dukungan pada bakat dan hobi mereka serta membantu mewujudkan tujuan tersebut. Orang tua yang suportif merupakan faktor utama dalam kesuksesan anak di masa depan.

4 dari 5 halaman

Memenuhi peran sebagai guru pertama anak

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Orang tua adalah guru pertama anak. Kita mengajari anak mengeluarkan kata pertama mereka hingga mengembangkan kebiasaan baik dalam kehidupan anak.

Sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk membesarkan anak dan mendidik mereka. Maka dari itu, kita harus selalu meluangkan waktu untuk memberikan waktu yang berkualitas untuk anak agar mereka bisa merasakan cinta, waktu, dan perhatian kita.

5 dari 5 halaman

Mengetahui kapan harus berdiri di belakang anak

Ilustrasi Keluarga Bahagia © Diadona

Tugas orang tua adalah melindungi dan membuat anak merasa aman dan nyaman. Namun bersikap terlalu protektif atau bahkan menuruti semua keinginan anak hanya akan membuat mereka tumbuh dengan perilaku yang buruk.

Penting bagi kita untuk mengukur kapan harus mundur dan membiarkan anak membuat keputusan sendiri. Tapi kita juga harus selalu hadir saat anak mengalami kegagalan dan membantu mereka belajar dari pengalaman tersebut.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar