Sejumlah Potensi Anak Ini Ternyata Bisa Dioptimalkan Sejak Dini lho Mom

Reporter : Riza Umami
Minggu, 3 Januari 2021 10:17
Sejumlah Potensi Anak Ini Ternyata Bisa Dioptimalkan Sejak Dini lho Mom
Apa saja ya?

Setiap orang tua tentu berharap anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, sehat dan lancar. Kemudian, apa yang bisa orang tua lakukan untuk membantu agar perkembangan dan pertumbuhan anak ini bisa dioptimalkan sedari dia kecil?

Orang tua memiliki peranan yang penting dalam proses tumbuh kembang anak ini. Di samping memberikan nutrisi yang cukup pada buah hati, Mom juga perlu untuk memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia anak tersebut. Dilansir dari laman haibunda.com (28/12), berikut ini beberapa potensi yang bisa dioptimalkan sedari anak kecil oleh ibu.

Ilustrasi Ibu dan Anak

1 dari 3 halaman

Yang pertama yaitu kemampuan anak untuk berpikir dengan cepat. Potensi yang satu ini tentu bukan hanya sekadar anak bisa menjawab pertanyaan sesukanya, tetapi mereka juga harus bisa mengelola informasi dengan lebih kritis, dalam dan juga berpikir kreatif. Ibu bisa mengajarkan anak kemampuan yang satu ini lewat beberapa game yang akan membuat anak berpikir dengan kritis untuk menyelesaikannya.

Selanjutnya yaitu tumbuh tinggi. Ibu pasti senang bila anak mempunyai tubuh yang tinggi bahkan melebihi teman sebayanya. Potensi yang satu ini pun juga termasuk tubuh anak jadi tinggi, kuat, fleksibel, sigap, lincah, luwes dan terampil.

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

2 dari 3 halaman

Anak pun sudah memiliki gerakan dan koordinasi motorik kasar serta halus yang baik. Motorik kasar ini yaitu tangan dan kaki, sedangkan motorik halus adalah jari-jari tangan. Anak bisa tumbuh dengan tinggi bila dia lincah, aktif, kuat dan juga seimbang yang juga merupakan kunci awal agar anak bisa berkonsentrasi.

Berikutnya yaitu rasa percaya diri yang dimiliki oleh anak ternyata juga perlu dioptimalkan sejak dini oleh orang tua. Kemampuan yang satu ini adalah keyakinan anak bahwa ia dapat melakukan sesuatu dengan kemampuannya sendiri tanpa merasa malu atau takut. Untuk mencapai hal ini, anak perlu dibiasakan agar lebih berani mencoba, lebih produktif, dan juga bahagia.

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

3 dari 3 halaman

Kemudian, kemampuan anak yang selanjutnya adalah aktif dalam bersosialisasi. Nyatanya hal yang satu ini memang perlu dibantu oleh orang tua karena ada anak yang sampai dewasa mengalami kesulitan dalam bersosialisasi. Ibu perlu mengajarkan anak untuk berinteraksi dengan orang lain baik saudara, kerabat atau teman sebayanya.

Terakhir yang tak kalah penting yaitu tangguh. Anak akan mengalami berbagai macam masalah ke depannya nanti apalagi ketika usianya makin bertambah. Oleh sebab itu, ibu pun perlu mengajarkan anak agar jadi tangguh sedari masih kecil. Kemampuan yang satu ini pun akan sangat berguna dalam kehidupan anak sampai dewasa nanti. Itulah beberapa potensi yang bisa dioptimalkan sejak dini. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar