Apa sih Pentingnya Menggosok Gigi di Malam Hari Bagi Anak?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 31 Desember 2020 09:17
Apa sih Pentingnya Menggosok Gigi di Malam Hari Bagi Anak?
Ternyata ini alasannya.

Kesehatan gigi pada anak adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu. Biasanya, anak perlu menyikat giginya sebanyak dua kali dalam sehari dan menggosok gigi di malam hari ini adalah salah satu yang terpenting.

Terkadang, anak suka ogah-ogahan kalau disuruh sikat gigi apalagi di malam hari. Padahal, hal ini bisa berakibat buruk untuk buah hati misalnya jadi menyebabkan masalah gigi atau si kecil jadi mengalami bau mulut. Tentu Mom tak mau kalau anak sampai mengalami hal yang seperti itu, bukan?

1 dari 3 halaman

ilustrasi anak sikat gigi © Diadona

Dilansir dari laman klikdokter.com, menyikat gigi di malam hari ini penting dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi anak agar plak tak sampai terbentuk di permukaan gigi tersebut. Selain itu, menggosok gigi juga mencegah gigi berlubang atau penyakit gusi pada anak.

Selain itu, biasanya bakteri lebih cepat berkembang biak di malam hari. Hal ini disebabkan karena mulut dalam kondisi kekurangan air liur saat tidur dan tidak ada aktivitas membuat pH di dalam mulut bersifat asam. Kondisi inilah yang menyebabkan kuman dan bakteri meningkat dua kali lebih cepat dibanding saat siang.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Menggosok Gigi © Diadona

Bakteri dan kuman yang menempel di gigi itu pun akan mengubah sisa-sisa makanan menjadi asam yang bisa melarutkan email gigi. Jika terus berlanjut, gigi pun akan berlubang dan mengalami masalah yang lainnya bahkan bisa sampai menyebabkan kehilangan gigi.

3 dari 3 halaman

Kemudian, masalah lain yang ditimbulkan bila anak tak mau menggosok gigi di malam hari adalah dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut itu disebabkan karena plak yang menempel di gigi dan lama-kelamaan makin mengeras sehingga terbentuklah karang gigi.

Yang perlu ibu pastikan juga anak sudah tidak makan atau ngemil apa pun setelah sikat gigi di malam hari untuk mencegah sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Nah, itulah alasan mengapa penting sekali untuk menggosok gigi di malam hari bagi anak. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar