Yoo Ah In Terancam Kena Denda Rp 116 Miliar Dampak dari Kasus Narkoba

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 29 Maret 2023 10:37
Yoo Ah In Terancam Kena Denda Rp 116 Miliar Dampak dari Kasus Narkoba
Yoo Ah In dianggap telah merusak citra merek.

Aktor Yoo Ah In, yang diduga terlibat kasus penyalahgunaan narkoba, diperkirakan akan membayar denda sebesar 10 miliar won atau setara dengan Rp 116 miliar. Yoo Ah In diketahui telah mengonsumsi empat jenis narkoba, yaitu propofol, ketamin, kokain, dan ganja.

Kasus ini juga berdampak pada proyek iklan yang sedang dijalankan oleh Yoo Ah In. Kuasa hukum Yoo Ah In, Kim Sung Hoon, menjelaskan dalam News Live, YTN mengenai ketentuan kontrak periklanan yang biasanya berlaku.

1 dari 5 halaman

“ Kemungkinan besar Yoo Ah In harus membayar lebih dari 10 miliar won sebagai denda atas pelanggaran kontrak,” kata Kim Sung Hoon dikutip dari Koreaboo, Rabu (29/3/2023).

Denda tersebut sebenarnya telah ditetapkan sejak awal kontrak kerja sama. Menurut Kim Sung Hoon, jika seorang artis menjadi model produk yang terlibat dalam kontroversi sosial dan menyebabkan iklan tersebut dihentikan, maka sang artis harus membayar ganti rugi karena telah merusak citra merek.

2 dari 5 halaman

" Namun, kemungkinan untuk mencapai kesepakatan sebelum proses pengadilan tidak dapat dikesampingkan," ujar Kim Sung Hoon.

Aturan ini juga akan berlaku untuk Yoo Ah In.  Ia dikenal sebagai model untuk lebih dari sepuluh merek, termasuk perusahaan makanan, fesyen, dan luar ruangan. Ia dapat menerima bayaran hingga 800 juta dan 900 juta won per tahun sebagai model produk.

 

3 dari 5 halaman

Pihak pengacara menunjukkan bahwa tuntutan ganti rugi dapat diajukan jika Yoo Ah In dan produk tersebut tidak mencapai kesepakatan kompensasi. Pengacara juga menegaskan bahwa tidak mungkin untuk menghindari tanggung jawab hukum dalam kasus tersebut.

“ Bergantung pada seberapa jauh mereka bersedia mencapai kesepakatan, kesepakatan kompensasi dapat dicapai tanpa tuntutan hukum. Namun, apabila mereka tidak setuju satu sama lain, bakal ada gugatan lain,” tutur Kim Sung Hoon.

4 dari 5 halaman

Sebelumnya, Yoo Ah In telah mengakui bahwa ia telah menggunakan narkoba. Ia juga telah meminta maaf atas tindakannya kepada rekan kerjanya di film, drama, dan iklan. Yoo Ah In juga menyatakan penyesalannya karena tidak mengambil tanggung jawabnya dengan serius.

“ Saya ingin meminta maaf kepada setiap rekan saya yang berjuang untuk meraih mimpi dan tujuan. Saya minta maaf karena telah menyebabkan Anda terluka. Saya akan bekerja untuk mengambil tanggung jawab penuh,” tutur Yoo Ah In.

Beri Komentar