Viral Video Aksi Ngawur Para Pesepeda yang Masuk Jalur Tol

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 14 September 2020 16:00
Viral Video Aksi Ngawur Para Pesepeda yang Masuk Jalur Tol
Paham rambu-rambu lalu lintas nggak sih?

Lagi dan lagi, rombongan para goweser (pesepeda) membuat gaduh sosial media. Beberapa hari yang lalu banyak para goweser yang rame-rame memenuhi jalan dan juga melanggar rambu lalu lintas. Kini, dunia gowes kembali ramai karena adanya rombongan pesepeda yang diketahui nekat masuk ke jalan tol Jagorawi

1 dari 3 halaman

Video yang menunjukkan para goweser yang masuk tol ini sudah sangat viral di media sosial. Soalnya para goweser tersebut nggak hanya masuk ke jalan tol, mereka juga melawan arah.

Video ini dibagikan oleh salah seorang warganet melalui Instagram. Terlihat jelas beberapa pesepeda yang dengan asiknya mengayuh sepeda di dalam jalur jalan tol.

2 dari 3 halaman

Pada Minggu siang (13/9), ombongan pesepeda tersebut menerobos jalan Tol Jagorawi tepatnya di Km 46+500 (Polingga). Hingga kini aksi ngawur tersebut tengah menjadi pembicaraan orang banyak.

Pihak kepolisian dan juga Jasa Marga sangat menyayangkan kejadian ini. Mereka ikini melakukan pencarian dan menyelidiki pelanggar tersebut.

Duh, para goweser yang ada di dalam video tersebut tidak paham rambu lalu lintas atau gimana ya? kalau menurut kalian gimana nih?

3 dari 3 halaman

      View this post on Instagram    

Dalam video ini, beberapa pesepeda memasuki areal tol. Jelas ini melanggar aturan. Namun yang paling utama, ini membahayakan keselamatan. Nampak ada pesepeda yang mengambil lajur kiri bahkan kanan bahkan dari keterangan perekam melawan arah. Masih menurut keterangan perekam, lokasinya di tol Bogor. Sebagai seorang goweser, saya menyesalkan kejadian ini. Mestinya hal itu tak dilakukan oleh pesepeda. Sebab, selain harus taat aturan, pesepeda juga tentu mesti menjaga keselamatan. Oleh karena itulah bersepeda disarankan menggunakan helm dan perangkat keselamatan lainnya. Andai terjadi kecelakaan, apakah pengendara roda 4 atau lebih yang akan disalahkan? Marilah bijak. Bersepeda untuk berolahraga agar badan sehat. Maka pilihlah jalur yang memungkinkan kita selamat. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan. Akses menuju jalan tol berbayar sebab orang menghendaki tak menemukan halangan seperti kemacetan. Di jalan tol, bahkan ada batas minimal kecepatan yakni 60 km/jam. Artinya, kendaraan bermesin yang ada di jalan tol pasti melaju dengan kecepatan tinggi, setidaknya 60 km/jam. Dengan kecepatan itu, bayangkan betapa bahayanya andai ada pesepeda di dalamnya. Para goweser yang sedang santai mengayuh bisa dengan cepat diterabas mobil roda 4 ataupun lebih karena memang jalan tol hanya untuk kendaraan roda 4 ataupun lebih. Bersepeda di jalan tol juga riskan dari aspek keselamatan. Kita pasti tahu bagaimana laju kendaraan di jalan tol. Berbagai aturan larangan juga diterapkan di jalan tol seperti dilarang mengangkut/menurunkan penumpang dan lain sebagainya. Sebab, ya itu tadi, jalan tol adalah jalan bebas hambatan. Jadi, selain menyalahi aturan, bersepeda di jalan tol itu membahayakan. Kita bersepeda dengan tujuan olahrga bukan mencari celaka.

A post shared by M. SABILUL ALIF (@m.sabilul_alif) on

Beri Komentar