Tinggal di Gubuk Reyot, Nenek Darmi dan Kakek Tahar Hanya Bisa Makan dengan Lauk Daun Talas

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 12 Juli 2021 16:03
Tinggal di Gubuk Reyot, Nenek Darmi dan Kakek Tahar Hanya Bisa Makan dengan Lauk Daun Talas
Fisik yang sudah lemah, membuat mereka sudah tak bisa lagi bekerja.

Menjalani masa tua dengan bahagia adalah impian setiap orang. Mungkin, kebahagiaan yang mereka harapkan adalah dengan bisa bercengkrama bersama keluarga, atau menghabisakan sisa hidup bersama pasangan.

Nnamun, cerita itu tak bisa dirasakan oleh sepasang lansia berikut ini. Mereka berdua harus menahan pil pahit karena tak bisa makan layak dan hanya mengandalkan daun talas.

1 dari 5 halaman

KIsah Nenek Darmi dan Kakek Tahar © Diadona

Dilansir dari laman Donasionline.id, mereka adalah Nenek Darmi dan Kakek Tahar. Mereka berdua seperti saling menguatkan satu sama lain untuk bertahan hidup di tengah terjalnya kehidupan. Mereka sadar, tubuhnya sudah sangat renta, sehingga hanya saling menguatkan yang bisa mereka lakukan demi bisa bersama.

Mereka kini, tinggal di sebuah gubuk yang jauh dari kata layak. Kalau hujan sedang melanda, air bisa membanjiri sampai menggenangi kasur.

 

2 dari 5 halaman

Waktu dan usia tak bisa lagi mereka hindarkan. Karena tubuhnya yang sudah mulai senja, Nenek Darmi dan Kakek Tahar sudah tidak lagi bekerja. Dulunya, mereka bekerja sebagai buruh tani di sawah dengan upah hanya 10 ribu rupiah saja.

3 dari 5 halaman

KIsah Nenek Darmi dan Kakek Tahar © Diadona

Kini, dengan sisa-sisa tenaga dan semangatnya, Nenek Darmi hanya bisa berusaha mencari kayu bakar di hutan untuk dijualnya kembali. Kalau sedang longgar, Nenek Darmi juga bisa membantu tetangga mengupas kacang, memisahkan biji wortel, dan menjemur jagung.

4 dari 5 halaman

Meski upah yang didapat tak banyak, namun Nenek Darmi tetap melakukannya demi bisa makan. Untuk urusan makan, setiap hari, Nenek Darmi dan Kakek Tahar hanya bisa mengandalkan daun talas.

KIsah Nenek Darmi dan Kakek Tahar © Diadona

" Setiap hari makan dengan lauk daun lumbu" cerita Nenek.

Namun, kalau tak sedang musim panen, nenek hanya bisa berdoa agar senantiasa diberikan rezeki untuk bisa makan.

5 dari 5 halaman

Teman-teman, perjuangan hidup Nenek Darmi dan Kakek Tahar sangatlah memilukan. Di usia senjanya, mereka masih harus bersusah payah hanya untuk bisa makan dan bertahan hidup. Oleh karennaya, patut bagi kita untuk membantu mereka. Bagi teman-teman yang ini membantu mereka, bisa melalui link donasi berikut ini ya!

Donasionline.id/bantunekdarni

Semoga Nenek Darmi dan Kakek Tahar senantiasa diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah, aamiin.

Beri Komentar