Sosok ODGJ Cantik Asal Ponorogo Akhirnya Dibawa ke RSJ, Setelah 4 Tahun Dikurung di Rumah

Reporter : Nasa
Minggu, 11 Juli 2021 17:47
Sosok ODGJ Cantik Asal Ponorogo Akhirnya Dibawa ke RSJ, Setelah 4 Tahun Dikurung di Rumah
Begini kondisi terbaru Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Ponorogo tersebut.

Sosok perempuan ODGJ atau Orang dengan Gangguan Jiwa asal Ponorogo bikin geger jagat dunia maya. Pasalnya sosoknya yang cantik rupawan tersebut sebelumnya sudah dipasung selama kurang lebih 4 tahun.

Perempuan tersebut bernama Rina, yang berasal dari Desa Ngebel, Ponorogo. Video pendek penjemputan Rina disebut viral di sejumlah platform media sosial, lantaran kecantikannya yang menyita perhatian.

1 dari 4 halaman

Tiba-Tiba Lupa Ingatan

ODGJ Cantik Asal Ponorogo © Diadona

Disampaikan oleh Kades Ngebel, yakni Mujiono, Rina mulanya adalah gadis biasa pada umumnya. Namun suatu hari, Rina tiba-tiba pingsan, setalah siuman, ia tak mengingat apa pun. Bahkan tak mengenali dirinya sendiri.

Sejak saat itu, Rina ditempatkan di dalam sebuah ruangan oleh keluarganya. Belum diketahui pasti penyebab Rina sampai pada kondisi tersebut. Namun ada yang menyampaikan karena Rina sempat dihianati oleh seorang pria.

2 dari 4 halaman

Dikurung Selama 4 Tahun

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, Rina sebelumnya memang sengaja dikurung oleh pihak keluarga. Alasannya, karena mereka takut jika Rina sewaktu-waktu bisa melarikan diri.

Kabarnya, Rina ditempatkan di sebuah kamar. Lalu pihak keluarga mengunci pintu dari luar. Disampaikan oleh pihak keluarga, kalau mereka hanya berinteraksi melalui lubang kecil yang sebelumnya sudah mereka buat.

" Rina saat ini tinggal di sebuah kamar yang layak huni. Akan tetapi, kamarnya dikunci, karena pihak keluarga khawatir dia akan kabur dari rumah. Karena sebelumnya sudah pernah kejadian," kata Mujiono seperti dikutip dari laman suaraindonesia.co.id, Minggu (11/7/2021).

3 dari 4 halaman

Keluarga Coba Berbagai Cara untuk Sembuhkan Rina

ODGJ Cantik Asal Ponorogo © Diadona

Lebih lanjut, setelah mengetahui Rina tidak mengenali keluarga bahkan dirinya sendiri, pihak keluarga sudah berusaha untuk mengobati Rina agar bisa sembuh seperti sedia kala. Namun ternyata upaya mereka masih belum membuahkan hasil.

Sebelumnya, Rina dikabarkan telah dibawa ke RSUD dr Harjono Ponorogo. Kemudian rencananya, Rina akan dirujuk ke sebuah rumah sakit di Solo.

" Saat ini Rina sedang mendapat perawatan dari RSUD dr Harjono Ponorogo. Rencananya, akan dirujuk ke rumah sakit Solo," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Program Bebas Pasung

Masih menurut Kades Mujiono, Rina akhirnya dapat menjalani pengobatan yang layak berkat program bebas pasung. Meski sebelumnya pihak keluarga sudah mengupayakan berbagai cara untuk mengobati Rina, namun kini Rina bisa mengakses pengobatan yang lebih layak dan juga lebih tepat.

" Berkat adanya progam bebas pasung, Rina dapat menjalani pengobatan layaknya orang normal. Serta saat ini dalam penanganan petugas kesehatan," tukasnya.

Bagi kamu yang mengetahui atau mengenal orang yang dikurung atau dipasung bisa langsung menghubungi perangkat desa setempat ya. Agar mereka bisa mengakses pengobatan yang layak seperti halnya Rina. Semoga artikel dan info ini bermanfaat ya..

Beri Komentar