Sinopsis Anime Made in Abyss yang Kini Tuai Pro Kontra di Korea

Reporter : Riza Umami
Selasa, 21 November 2023 19:56
Sinopsis Anime Made in Abyss yang Kini Tuai Pro Kontra di Korea
Beberapa seleb Korea ikut kecipratan kontroversi anime Made in Abyss.

Made in Abyss adalah anime fantasi yang diproduksi oleh Kinema Citrus dan ditayangkan perdana pada tahun 2017. Anime ini diadaptasi dari manga karya Akihito Tsukushi yang dirilis pada tahun 2012.

Made in Abyss bercerita tentang Riko, seorang gadis yatim piatu yang tinggal di kota Orth. Riko bercita-cita menjadi seorang Cave Raider, yaitu orang yang menjelajahi Abyss, sebuah lubang raksasa yang membentang ke kedalaman yang tak terduga.

1 dari 4 halaman

Suatu hari, Riko menemukan robot yang menyerupai manusia bernama Reg. Riko yakin bahwa Reg adalah kunci untuk menemukan ibunya, Lyza, yang hilang di Abyss. Riko dan Reg kemudian memulai perjalanan mereka untuk menemukan Lyza.

Dalam perjalanannya, Riko dan Reg bertemu dengan berbagai macam makhluk dan rintangan. Mereka juga belajar tentang rahasia Abyss yang gelap dan berbahaya.

Made in Abyss adalah anime yang memiliki cerita yang unik dan menarik. Anime ini juga memiliki animasi yang indah dan detail. Anime yang satu ini pun tengah jadi pembicaraan di Korea kini.

2 dari 4 halaman

Beberapa Artis Korea Terbelit Kontroversi Anime Ini

Dikutip dari Allkpop (21/11), anime Made in Abyss sekarang menjadi perbincangan di kalangan Knetz. Hal ini berawal saat beberapa seleb Korea membicarakan hingga ada yang dianggap mempromosikan anime ini.

Dilansir dari laman Koreaboo (21/11), Soobin TXT sempat membicarakan anime Made in Abyss saat sesi siaran live di tahun lalu. Dia mengatakan bahwa musim keduanya sudah keluar. Menurutnya, musim pertama tidak terlalu menarik, tetapi musim keduanya sangat menarik.

3 dari 4 halaman

Namun, Soobin mengatakan kalau ia tidak merekomendasikan anime Made in Abyss karena ceritanya agak provokatif. Ada pula idol lain yang sempat mengatakan kalau ini adalah anime favoritnya.

Mingi Ateez terang-terangan mengungkapkan bahwa Made in Abyss adalah anime favoritnya sepanjang masa. Hal ini ia katakan saat sedang fancall. Namun, ia juga mengatakan kalau anime ini agak mengerikan.

Ada pula DEX yang mengatakan kalau anime Made in Abyss ini meninggalkan kesan yang begitu dalam kepada dirinya bahkan ia sampai menyebutnya sebagai 'life changing'.

4 dari 4 halaman

Dianggap Bermuatan Pedofilia

Bukan tanpa alasan, anime Made in Abyss ini menuai kontroversi. Dilansir dari laman liputan6.com (21/11), alasannya adalah karena beberapa orang menilai anime ini bermuatan pedofilia dari segi cerita dan gaya artistiknya.

Dalam anime Made in Abyss, beberapa tokoh digambarkan masih anak-anak tetapi menerima hukuman dalam keadaan tidak berbusana. Selain itu, ada pula tokoh yang mengalami kekerasan brutal misalnya anggota tubuhnya putus.

Namun, beberapa penggemar tak setuju kalau anime kesukaan mereka ini disebut bermuatan pedofilia. Comicbook pun mengatakan kalau manga Made in Abyss mengangkat topik yang berat dan sangat kelam misalnya grooming, perdagangan seks sampai kanibalisme. Kalau menurut Diazens gimana nih?

Beri Komentar