Sempat Diejek Teman, Ini Kisah Wanita Pemilik Nama Terpendek yang Hanya 1 Huruf!

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 7 Januari 2021 10:00
Sempat Diejek Teman, Ini Kisah Wanita Pemilik Nama Terpendek yang Hanya 1 Huruf!
Nenek ini hanya punya nama satu huruf, lho.

Banyak yang menyebut bila nama adalah perlambang sebuah doa. Karena itu, kebanyakan orang tua akan memberikan nama terbaik bagi sang anak. Umumnya, seseorang memiliki nama yang terdiri dari dua kata atau lebih.

Tapi uniknya, hal ini berbeda dengan seorang wanita asal kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat. Alih-alih memiliki nama satu atau kata, wanita berusia 64 tahun ini punya nama yang hanya terdiri dari satu huruf lho, O.

1 dari 7 halaman

Disebut Punya Nama Terpendek

Nenek dengan nama terpendek © Diadona

Dikutip dari suara.com, nenek O saat ini berprofesi sebagai seorang pengacara dan konsultan hukum di Kantor Hukum 'O' dan Associates Legal Consultans.

Namanya yang unik terang saja jadi perbincangan banyak orang. Bahkan, nama nenek O yang hanya terdiri dari satu huruf ini disebut-sebut sebagai nama terpendek di dunia.

Memiliki nama yang unik, nenek dari dua cucu ini mengaku bangga karena nama itu adalah pemberian dari orang tuanya yang berprofesi sebagai guru PNS. Tak hanya sebagai guru PNS, ayah nenek O juga sempat menjadi seorang wartawan.

2 dari 7 halaman

Inspirasi Namanya

Bercerita soal inspirasi namanya, nenek O menatakan semua itu berawal dari ayahnya yang kala itu membaca majalah. Kebetulan, di majalah itu ada berita tentang nama orang terpanjang dari India yang terdiri dari 180 huruf selain juga nama orang terpendek yang berasal dari Prancis yakni MO.

" Papa saya namanya Djainun. Wartawan kan suka membaca ya. Majalah itu dibaca papa tahun 1963, sebelum saya lahir," terang nenek bernama unik ini.

3 dari 7 halaman

Setelah membaca majalah itu, ayah nenek 0 berniat menamai sang anak dengan nama paling pendek mengalahkan nama orang Prancis itu.

" Papa berniat jika anaknya lahir, akan menamai anaknya paling pendek dan mengalahkan nama orang Prancis yang dimuat dalam majalah yang dibaca papa. Maka dipilih kata O," sambungnya.

4 dari 7 halaman

Filososfi Nama 'O'

Nenek dengan nama terpendek © Diadona

Menurut nenek O, pemilihan huruf 'O' sebagai namanya juga punya filosofi tersendiri. Menurut sang ayah, kata O jika digabung dengan huruf apapun akan berubah bunyi seperti misal O tambah S menjadi OS dan lainnya.

Bila dikaitkan dengan angka, katanya nama O adalah 0 (nol). Bila nol ditambah angka lain di depannya akan bertambah kecil begitu juga bila ditambah angka di belakangnya, akan bertambah besar.

" Artinya apa? Menurut papa, tetaplah berdiri di depan, karena berdiri di belakang kita akan terlihat kecil," ucap nenek O.

5 dari 7 halaman

Sempat Ingin Ganti Nama

Nyatanya, nggak hanya nenek O saja lho yang memiliki nama super unik. Adiknya yang sudah meninggal ternyata juga memiliki nama yang nggak kalah uniknya yakni Z. Filosofi namanya karena ia adalah anak terakhir.

Memiliki nama yang unik bukan berarti nenek O nggak lepas dari ejekan. Ia mengaku sempat berniat mengganti namanya saad SD karena malu sering diejek teman-temannya.

6 dari 7 halaman

Tapi, karena kedua orang tuanya adalah seorang PNS, nggak mudah untuk mengubah nama karena tercatat sebagai keluarga PNS. Ayahnya kala itu juga memberinya motivasi bahwa ia bisa menambah namanya nanti jika mendapat gelar.

" Papa ketika itu memberi motivasi kepada saya. Udah, nama kamu segitu, kamu bisa menambahnya sendiri dengan rajin belajar, pasti akan bertambah setelah sarjana," ucap nenek O menirukan kata sang ayah.

Beri Komentar