Beda dari yang Lain, Line Kini Bisa Login Tanpa Menggunakan Password

Reporter : Yoyok
Jumat, 13 November 2020 15:50
Beda dari yang Lain, Line Kini Bisa Login Tanpa Menggunakan Password
Namun, cara ini hanya bisa dilakukan dengan memakai iPad

Di zaman sekarang, banyak aplikasi chatting yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi. Semuanya memiliki berbagai keunikan masing-masing.

Entah itu tampilannya, orang yang kamu aja ngobrol, ataupun proses login. Untuk yang terakhir, nampaknya aplikasi chatting Line memiliki caranya tersendiri.

Line kini memiliki fitur dimana kamu tidak perlu menggunakan password untuk login.

1 dari 5 halaman

Autentikasi Biometrik

Tetapi, cara ini hanya bisa digunakan pada iPad. Dikutip dari Selular, bukan menggunakan password, login hanya membutuhkan autentikasi biometrik.

Fitur anyar ini menggunakan standar FIDO yang dapat menghilankan kebutuhan akan kata kunci atau password. Teknologi ini diyakini dapat menambah tingkat keamanan serta kenyamanan.

2 dari 5 halaman

FIDO

Line sebelumnya sudah fokus untuk memberikan kenyamanan login bagi para pengguna. maka dair itu, Line bergabung dengan FIDO Alliance sebagai board member pada tahun 2017.

Di tahun 2019, Line telah menerapkan autentikasi FIDO pada layanan Line Pay. Di minggu ini, para pengguna Line sudah bisa menggunakan autentikasi biometrik FIDO untuk login Line lewat iPad.

3 dari 5 halaman

Caranya

Berikut ini adalah cara login Line tanpa password lewat iPad.

1. Pertama-tama, daftarkan dahulu informasi biometrik di handphone dan menghubungkannya ke akun Line.

2. Kamu pun kemudian bisa membuka aplikasi Line di iPad, memverifikasi nomor telepon, dan mengetuk “ Log in with Smartphone” guna memasangkan iPad dengan hadnphone.

3. Lalu, ikuti instruksi di handphone agar prosesnya selesai.

4. Ketika masuk ke dalam aplikasi Line untuk pertama kalinya, pengguna akan diminta untuk memverifikasi indentitas dengan menggunakan 6-digit nomor verifikasi yang ditampilkan di layar handphone.

4 dari 5 halaman

Versi Desktop

Mulai tahun 2020 ini, para pengguna dapat melakukan login ke Line versi desktop tanpa password, yaitu dengan menggunakan informasi biometrik yang tersimpan di dalam handphone.

Autentikasi biometrik ini juga bisa digunakan untuk memindahkan akunLine dan masuk ke dalam berbagai layanan Line di tahun depan.

Ilustrasi Line © Diadona

Beri Komentar