Selain Sampah Plastik, Perlengkapan APD Bakal Jadi Polusi Lautan Terbaru

Reporter : Yoyok
Senin, 12 Oktober 2020 12:50
Selain Sampah Plastik, Perlengkapan APD Bakal Jadi Polusi Lautan Terbaru
Perlengkapan APD tersebut menjadi problema tersendiri bagi lingkungan kita

Di masa pandemi seperti sekarang ini, berbagai aksesori, diwajibkan unruk digunakan jika kamu bepergian. Masker serta sarung tangan medis menjadi salah satu item yang wajib untuk dibawa atau dikenakan kemana-mana. Daripada disebut aksesoris, benda-benda tersebut lebih tepat disebut 'pengaman'.

Banyak yang bilang masker atau sarung tangan medis merupakan benda pengaman yang sangat praktis. Karena bersifat sekali pakai, maka kamu tidak perlu repot lagi untuk mencuci atau menyimpannya lagi. Kamu tinggal membuangnya ke tempat sampah.

Namun, bukan berarti jika sekali pakai kamu bisa membuangnya di sembarang tempat. Tentu saja bakal jadi polusi tersendiri jika alat-alat pengaman tersebut kamu buang sembarangan.

1 dari 5 halaman

Perlengkapan APD

Dikutip dari LAD Bibble, para relawan yang berusaha untuk menjaga pantai tetap bersih di Inggris menemukan ratusan perlengkapan APD seperti masker atau sarung tangan medis yang dibuang sembarangan. Tentu saja benda-benda tersebut akan menjadi masalah bagi para hewan laut.

Bisa dibilang, selama masa pandemi ini, perlengkapan APB menjadi polusi lautan terbaru selain sampah plastik kayak sedotan, tas kresek, kemasan makanan, dan masih banyak lagi.

Sampah Masker © Diadona

2 dari 5 halaman

Tidak Peduli

Dengan semakin banyaknya orang-orang yang menggunakan masker dan sarung tangan medis sekali pakai, semakin banyak juga benda-benda tersebut yang bakaln jadi polusi lautan berikutnya.

Kesadaran akan sampah perlengkapan APD nampaknya masih belum menjadi concern tersendiri untuk orang-orang dalam merawat lingkungannya.

 

3 dari 5 halaman

Ratusan Sampah APD

Emily Stevenson (23) yang merupakan seorang ahli biologi kelautan, bersama-sama dengan ayahnya, ROb, serta relawan lainnya menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan pantai Cornwall di Inggris.

Dalam dua bulan terakhir, Emily beserta timnya telah mengumpulkan 650 sarung tangan medis dan 250 masker sekali pakai di garis pantai.

" Sampah APD ada di mana-mana. Setidaknya, kami selalu menemukan 10 masker untuk sekali pembersihan pantai," ucap Emily.

Sampah Masker © Diadona

4 dari 5 halaman

450 Tahun

Masker memiliki banyak lapisan plastik yang tidak dapat didaur ulang. Maka dari itu, masker harus dibuang ke tempat sampah atau dibakar agar tidak menjadi sampah di lautan.

" Dibutuhkan setidaknya 450 tahun agar masker dapat terdegradasi dengan sempurna, dan kami menemukannya banyak saekali di pantai kami," lanjut Emily.

" Sampah seperti masker akan sangat mudah untuk hanyut ke laut. Masuk ke saluran pembuangan oleh hujan, otomatis ujung-ujungnya bakalan hanyut ke laut. Maka, semakin banyak saja sampah yang susah terurai di lautan," pungkas Emily.

Sampah Masker © Diadona

Beri Komentar